Jakarta. Selular ID – Setelah Facebook dan Twitter, kini giliran Instagram yang menjadi primadona baru di industri periklanan tanah air.Layanan Instagram Ads ini turut dikabarkan menyasar pengiklan dalam skala besar maupun kecil. Hal tersebut dengan segera dimanfaatkan oleh beberapa startup kenamaan yang memang dikenal gencar melakukan kampanye secara digital maupun konvensional.
Nama-nama tersebut ialah Traveloka, Lazada, dan Zalora. Tak hanya startup, pemain lain di industri telekomunikasi dan teknologi seperti Indosat dan Intel Indonesia yang tak ingin ketinggalan momentum ini.
Pihak Instagram sendiri menyebutkan, mulai September berbagai skala bisnis di Indonesia akan memiliki pilihan baru dalam mengkomunikasikan kreativitas dan mencapai tujuan iklan mereka di Instagram.
Para pengguna datang ke Instagram untuk inspirasi visual dan Instagram sangat senang dapat menawarkan solusi yang menciptakan sebuah nilai lebih bagi bisnis lokal dan komunitas Instagram.
Instagram Ad telah diluncurkan di beberapa negara. Antara lain Indonesia, Italia, Spanyol, Meksiko, India dan Korea Selatan baru-baru ini.Pada 30 September 2015, fitur tersebut akan diboyong ke seluruh belahan dunia.
Bisnis-bisnis yang disasar lewat Instagram Ads antara lain e-commerce, travel, hiburan dan retail. Dengan mengandalkan konten visual, Instagram mengklaim pengiklan akan mudah menyasar segmen pasar yang dibidik.
Instagram mengklaim fitur iklannya telah meningkatkan 97 persen perhatian (awareness) masyarakat terhadap suatu brand. Selain itu, Instagram Ads juga menghadirkan fitur untuk menggulir beberapa gambar sekaligus dalam satu unggahan. Konsumer bisa melihat beberapa iklan visual hanya dengan menggulir gambar ke kanan untuk satu kali pengunggahan dari pengiklan.
Ke depan, Instagram Ads akan meningkatkan sistem feedback yang memungkinkan pengiklan dan konsumer berkomunikasi lebih mudah dan cepat. Pengawasan efektivitas iklan bagi pengiklan juga dikatakan akan ditingkatkan.