Jakarta, Selular.ID – Bagi Anda yang pernah belanja online di marketplace mungkin sudah tahu fitur live shopping.
Fitur yang muncul di tahun 2022 itu diakui pelaku usaha lokal sukse meningkatkan penjualan produk mereka, seperti yang dirasakan NPURE dan SAFF & Co.
Menurut sebuah riset, sebanyak 87% masyarakat Indonesia mengaku pernah menonton live shopping dan 77% di antaranya melakukan transaksi via fitur tersebut.
Peluang ini terus dimanfaatkan oleh Tokopedia dan ShopTokopedia untuk membantu pelaku usaha lokal memaksimalkan bisnis online, salah satunya lewat pemanfaatan fitur live shopping.
Kolaborasi antara Tokopedia dan ShopTokopedia terus menghasilkan dampak yang signifikan.
Saat ini, ada lebih dari 21 juta penjual tergabung di platform Tokopedia dan ShopTokopedia, yang memungkinkan masyarakat untuk mengakses lebih banyak produk kebutuhan dengan kualitas dan harga yang transparan, sekaligus berbelanja online dengan cara yang lebih menarik.
Baca Juga: Facebook Menutup Fitur “Live Shopping”, Berikut Alasannya
Selain itu, data terbaru mencatat 60% konten promosi di TikTok dukung produk lokal di ShopTokopedia.
Hal ini mendorong Tokopedia dan ShopTokopedia terus menggencarkan kampanye Beli Lokal dan Promo Guncang agar produk buatan brand lokal selalu mendapatkan panggung khusus.
“Fitur live shopping di ShopTokopedia, yang tersedia dalam aplikasi TikTok, memberikan strategi pemasaran interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha termasuk brand lokal dari berbagai kategori, untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan berinteraksi langsung dengan calon pembeli,” ungkap Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Para Penjual di ShopTokopedia Mengalami Kenaikan Rata-rata Penjualan 7 Kali Lipat
Hasil survei MetrixLab pada tahun 2024 menyatakan bahwa live shopping penjual di ShopTokopedia membawa dampak signifikan pada calon pembeli, yaitu pengguna 3,4 kali lipat lebih mungkin browsing TikTok untuk mengeksplor produk baru, pengguna 2,5 kali lipat lebih mungkin mempertimbangkan melakukan pembelian setelah menyaksikan live stream penjual, 2 dari 3 pengguna cenderung melakukan pembelian di hari yang sama setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia, dan 64% pembeli akan meninggalkan ulasan setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia.
Pengalaman live shopping dapat mempermudah penjual dalam meningkatkan kunjungan bahkan penjualan, sebab masyarakat bisa memperoleh informasi lebih mendalam tentang produk yang dibutuhkan, lengkap dengan berbagai promosi yang menarik.
Kemudahan ini juga tercermin dari berbagai dampak positif yang dicatat Tokopedia dan ShopTokopedia selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023.
Baca Juga: Cliponyu Kembali Gelar Live Shopping Bersama Lazada
“Pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping,” ungkap Rizky.
“ShopTokopedia juga mencatat bahwa di DKI Jakarta, jumlah pelaku usaha yang melakukan live shopping melonjak hampir 2 kali lipat selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023,” kata Rizky. Salah satu contoh brand lokal yang merasakan manfaat dari adanya Tokopedia dan ShopTokopedia adalah NPURE dan SAFF & Co.

NPURE dan SAFF & Co. Manfaatkan Live Shopping Dongkrak Penjualan
NPURE didirikan pada tahun 2017 oleh Willy Handoko setelah melihat banyaknya produk skincare dari luar negeri namun sulit untuk didapatkan.
Tantangan ini justru membuka kesempatan bagi NPURE untuk berinovasi dengan mengeluarkan rangkaian produk yang menggunakan bahan baku alami yang berasal dari petani lokal.
Misalnya, NPURE Centella Asiatica Series menggunakan daun pegagan, NPURE Marigold Series menggunakan bunga gemitir dan NPURE Noni Probiotics Series menggunakan kandungan mengkudu.
Baca Juga: Delapan Aplikasi Jual Beli Emas Dengan Mudah!
Menurut Chief Marketing Officer NPURE Joanne Victoria, pemanfaatan platform online seperti Tokopedia dan ShopTokopedia, yang bisa diakses di aplikasi TikTok, sangat penting agar eksistensi NPURE bisa selalu terjaga.
“NPURE rutin mengikuti berbagai kampanye yang ditawarkan Tokopedia dan ShopTokopedia, salah satunya Promo Guncang dan Beli Lokal. Selain itu, fitur live shopping di ShopTokopedia juga sangat membantu mendongkrak penjualan NPURE hingga 4 kali lipat,” ungkap Joanne.
NPURE juga membagi beberapa tips bagi UMKM lokal yang ingin memulai memanfaatkan fitur live shopping di ShopTokopedia.
“Siapkan peralatan sederhana yang menunjang kegiatan live shopping, misalnya tripod atau ring light. Perhatikan juga display produk dan upayakan mengatur display semenarik mungkin, dengan memperhatikan sudut kamera dan pencahayaan,” tutur Joanne.
Halaman berikutnya
Saff & Co. Manfaatkan Live Shopping Dongkrak Penjualan