Sabtu, 22 Juni 2024

Review Tablet Advan Sketsa 3: Harga Sejutaan Bisa Gambar

BACA JUGA

Selular.ID – Seperti ini kemampuan dari tablet Advan Sketsa 3 yang cuma harga sejutaan, tapi sudah punya stylus pen yang membuat pekerja desain bisa tersenyum melihatnya.

Pasar tablet kini kian bertebaran di pasaran, tapi harganya bisa dibilang tidaklah murah, salah satu brand dalam negeri, Advan mulai unjuk gigi melalui tablet andalannya.

Advan Sketsa 3 hadir sebagai tablet yang dirancang untuk menemani berbagai aktivitas harian Anda.

Redaksi Selular.ID berkesempatan untuk merasakan sensasi dari tablet Advan Sketsa 3 ini, dan berikut review selengkapnya.

Diawali dari sisi layar yang dilengkapi layar 10,1 inci yang luas dan jernih, tablet ini nyaman digunakan untuk bekerja, ataupun hanya untuk sekedar hiburan seperti menonton film.

Layarnya sudah beresolusi HD IPS yang memanjakan mata, pada saat di bawa ke tempat outdoor pun layarnya masih responsif dan dari kecerahan layarnya bisa ikut menyesuaikan tempat.

Bagi redaksi, dari ukuran layar sudah mumpuni, tidak kecil dan juga tidak besar, serasa memang pas untuk ukuran tablet. Hanya saja yang masih terasa kurang, tablet ini miliki bezel yang masih cukup tebal, hanya saja menjadi terlihat agak kecil dari sisi layar, tapi tetap tidak mengurangi kemampuan penggunaan.

Tidak lupa, keunggulan utama Advan Sketsa 3 terletak pada dukungan Stylus Pen dengan sensitivitas tekanan 4096 level, menjadikannya pilihan ideal bagi para kreator konten dan seniman digital.

Terlihat pada saat penggunaan stylus pen ini juga sangat responsif, latensi yang kecil. Serasa seperti menulis diatas kertas.

Tablet ini juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan untuk menggambar dan mendesain, seperti Sketchbook.

Selain dihadirkannya stylus pen, Advan Sketsa 3 ini juga sudah didukung dock PIN keyboard case, menambah kesan “ini cocok untuk menggantikan laptop”.

Bagaimana tidak, dari ukuran lebih kecil dari laptop pada umumnya, lalu bobotnya hanya 557 gram, sudah dapat stylus dan keyboard case. Tablet ini sudah sangat mumpuni menemani pengguna yang gemar banyak kegiatan.

Beralih dari tampilan, Advan Sketsa 3 ditenagai oleh chipset Unisoc T606 yang cukup bertenaga untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar. Tablet ini dilengkapi dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB.

Dari pembekalan chipset dan kapasitas memori tersebut ada saat digunakan tidak ditemukan adanya lag atau memori yang cepat penuh setelah beragam aktivitas.

Tablet ini dipakai oleh redaksi kurang lebih 2 bulan lamanya, namun tidak ditemukan adanya penurunan performa yang signifikan.

Apalagi, redaksi juga menginstal beberapa game, untuk konten hiburan, dan hasilnya pun masih tetap performa tetap stabil.

Advan Sketsa 3 dibekali baterai berkapasitas 6000mAh yang diklaim mampu bertahan hingga seharian penuh dalam penggunaan normal. Tablet ini mendukung konektivitas WiFi sehingga Anda dapat terhubung ke internet dengan cepat dan mudah.

Meskipun banyaknya kelebihan yang dirasakan, tablet ini juga tidak luput dari kekurangan yang dihadirkannya.

Salah satunya ialah, pengisian daya yang tidak cepat. Pada saat uji coba, pengisian daya yang dilakukan bisa terisi 100% menghabiskan waktu hampir 2 jam.

Namun ini bisa ditutupi karena kapasitas baterai yang besar, akan terasa lama pada saat digunakan, dan pada saat pengisian daya bisa dialihkan pada saat digunakan juga, jadi akan menghemat waktu.

Satu lagi, kualitas kamera yang juga dirasa masih kurang, yaitu 5MP untuk kamera depan dan 8MP untuk kamera utama.

Pertanyaannya, seberapa penting kualitas kamera pada saat penggunaan tablet? sementara itu ada smartphone dan juga kamera profesional yang lebih mumpuni.

Memang dirasa kamera pada tablet serasa penting-tidak penting, namun akan terasa penting apabila penggunaan video call atau meeting online yang membutuhkan kamera depan.

Tapi tidak perlu risau, pada saat digunakan ternyata kamera depan dari tablet Advan Sketsa 3 ini masih terlihat jelas dan tidak buram

Kesimpulan

Dibalik masih adanya kekurangan, tetap tablet Advan Sketsa 3 merupakan tablet yang ideal bagi para pengguna yang mencari perangkat serbaguna untuk aktivitas harian dan kreatifitas.

Layar yang luas dan jernih, performa yang cukup bertenaga, dan dukungan Stylus Pen menjadikannya pilihan yang menarik dengan harga yang terjangkau.

Baca juga : Advan Rilis Laptop AI Gen bersama Konsol Game Advan X-Play

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU