Sabtu, 20 Juli 2024
Selular.ID -

Menggunakan ChatGPT Untuk iPhone, Ternyata Apple Tidak Membayar Royalti OpenAI

BACA JUGA

Selular.ID – Bersamaan dengan rangkaian fitur Apple Intelligence, Apple pada hari Senin mengumumkan kemitraan dengan OpenAI yang memungkinkan Siri mengakses ChatGPT langsung di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS. Namun menurut laporan baru, tidak ada yang membayar tunai kepada siapa pun untuk pengaturan ini.

Apple tidak membayar OpenAI sebagai bagian dari kemitraan, kata sumber tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena persyaratan kesepakatan bersifat pribadi.

Sebaliknya, Apple percaya bahwa mendorong merek dan teknologi OpenAI ke ratusan juta perangkatnya memiliki nilai yang sama atau lebih besar daripada pembayaran tunai, kata orang-orang ini.

Meskipun terdapat perjanjian tersebut, kemitraan dengan OpenAI bisa menjadi mahal, karena semakin banyak pengguna perangkat Apple yang memanfaatkan kemampuan ChatGPT dan menghabiskan lebih banyak daya komputasi dan anggaran perusahaan.

Namun, Gurman mencatat bahwa OpenAI dapat memperoleh keuntungan dari kesepakatan tersebut dengan mendorong pengguna Apple untuk berlangganan ChatGPT Plus seharga $20 per bulan.

Jika pengguna ini mendaftar melalui perangkat Apple, Apple mungkin juga dapat menerima komisi.

Selain itu, Apple berencana untuk meningkatkan pendapatannya dari AI melalui perjanjian bagi hasil dengan mitranya.

Menurut laporan tersebut, Apple sudah mendiskusikan penawaran chatbot Gemini Google sebagai opsi tambahan, sebuah perjanjian yang akan dilakukan akhir tahun ini.

Pada akhirnya, Apple bertujuan untuk mengambil sebagian dari pendapatan yang dihasilkan dari monetisasi hasil chatbot pada sistem operasinya, mengantisipasi bahwa lebih banyak pengguna akan mengandalkan AI daripada mesin pencari.

Pergeseran seperti itu pada akhirnya dapat mengurangi sejumlah besar pendapatan yang diperoleh Apple saat ini dari kesepakatan pencarian yang menguntungkan dengan Google.

Laporan tersebut mencatat bahwa Apple belum mencapai kesepakatan dengan penyedia lokal Tiongkok untuk menangani fitur chatbot, namun telah mempertimbangkan kesepakatan dengan perusahaan seperti Baidu dan Alibaba.

Baca Juga:Di iOS 18 Apple Ciptakan Emoji Kustom yang Dihasilkan AI untuk iPhone

Pertama-tama, Apple Intelligence hanya akan tersedia dalam bahasa Inggris AS, dengan lebih banyak bahasa yang akan didukung tahun depan.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU