Minggu, 16 Juni 2024

Infografis: Perbandingan Jumlah BTS 4 Operator Selular 2024

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Era digital membuat gaya hidup masyarakat berubah drastis. Mobile in your hand, kini bukan lagi sekedar jargon.

Mengakses media sosial, membalas email, selancar di dunia maya, meng-upload/download foto atau dokumen kerja, bermain game, menonton video online dengan kualitas HD, membeli makanan, membeli barang, memesan ojek/taksi, serta beragam aktifitas lainnya, telah menjadi kebiasaan baru, terutama pada kalangan muda.

Ini adalah lompatan yang luar biasa, mengingat beberapa tahun  lalu, masyarakat masih terbiasa dengan layanan dasar (voice dan SMS).

Tak dapat dipungkiri, di sini peran operator sangat signifikan. Faktanya, pembangunan BTS yang dikebut operator, khususnya BTS 4G, tak hanya mengubah kebiasaan tersebut.

Namun juga sekaligus menjadi sarana bersaing dalam merebut dan mempertahankan pelanggan yang kini berubah menjadi data hungry.

TONTON JUGA: 

Meski harga tarif data terbilang murah, namun operator tak memiliki pilihan selain terus memacu pembangunan BTS.

Keberadaan BTS, khususnya BTS 4G, terbukti mampu meningkatkan jangkauan jaringan, kualitas layanan dan inklusivitas digital di seluruh Indonesia.

Jumlah pengguna internet di Indonesia pun meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Menurut laporan We Are Social, pada Januari 2024 ada terdapat 185 juta pengguna internet di Indonesia.

Jumlah itu setara 66,5% dari total populasi nasional yang berjumlah 278,7 juta orang. Mayoritas pengguna, mengakses internet dengan perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet.

Tingginya pengguna internet didukung oleh keberadaan BTS yang terus dibangun oleh operator.

Berdasarkan riset yang dilakukan Selular, masing-masing penguasaan BTS operator hingga kuartal pertama 2024 adalah: Telkomsel (257.300 unit), Indosat Ooredoo Hutchison (247.472 unit), XL Axiata (163.106 unit), Smartfren (46.000 unit).

Baca Juga: BAKTI Kominfo Wajib Selesaikan 628 BTS 4G di Daerah 3T Tahun Ini

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU