Minggu, 19 Mei 2024
Selular.ID -

Starlink Meluncur Bulan Ini, Telkom Tidak Khawatir

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Starlink segera beroperasi, Telkom mengaku tidak khawatir.

Menurut Direktur Wholesale & International Service Telkom Indonesia Bogi Witjaksono, kedua perusahaan memiliki value bisnis yang berbeda, sehingga Telkom tidak khawatir akan kalah bersaing.

“Untuk Starlink, kami dalam hal ini tidak khawatir karena memang value-nya berbeda dibandingkan dengan selular maupun Indihome atau fix broadband,” ujarnya dalam konferensi pers usai RUPST di Four Season Hotel Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Ia menuturkan, Starlink memiliki disparitas harga yang berbeda dengan layanan yang disediakan Telkom, seperti selular maupun Indihome yang merupakan fix broadband atau jaringan internet memakai kabel.

“Starlink dari segi harga, seperti yang terlihat di website-nya, disparititas harganya cukup lumayan apabila dibandingkan dengan fix broadband maupun seluler, sehingga ini value proposisinya berbeda dengan layanan kami selama ini,” ungkap Bogi.

Adapun Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut Starlink Starlink mengajukan perizinan sebagai penyelenggara layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) dan Internet Service Provider (ISP).

Dengan mengantongi dua izin tersebut, Starlink bisa menyediakan internet ke konsumen dalam skema B2C (business-to-consumer), alias langsung ke pengguna rumahan di Indonesia.

Perusahaan layanan internet berbasis satelit milik Elon Musk itu bakal masuk ke Indonesia usai mengantongi surat uji laik operasi (ULO).

Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut direncanakan mulai beroperasi pada bulan Mei ini.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dua pekan lagi Starlink akan diluncurkan di Indonesia. Ia bilang, telah berkomunikasi dengan Elon Musk terkait rencana tersebut.

“Starlink, kami menandatangani semua perjanjian dan semua lisensi, Starlink sudah mendapatkannya, dan secara resmi kami akan meluncurkan (Starlink) kapan saja dalam waktu dua minggu dari sekarang,” kata Luhut saat pidato sambutannya dalam acara Jakarta Futures Forum di Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Baca Juga: Telkomsat Gandeng Smartfren Beri Layanan Starlink

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU