Rabu, 19 Juni 2024
Selular.ID -

Rumor: Chipset Exynos 2500 Dapat Saingi Snapdragon 8 Gen 4

BACA JUGA

Selular.ID – Persaingan chipset semakin ketat, bukan hanya soal MediaTek, Snapdragon, atau Kirin, tapi juga chipset milik Samsung, Exynos 2500 yang akan datang, kabarnya bisa menyaingi kemampuan dari chipset Snapdragon 8 Gen 4.

Rumor mengenai chipset andalan Samsung berikutnya, Exynos 2500, sudah beredar cukup lama. Sebuah laporan baru menunjukkan bahwa prosesor tersebut mungkin mengungguli Snapdragon 8 Gen 4 Qualcomm yang akan datang dalam hal efisiensi daya.

Samsung dan Synopsys mengumumkan dalam siaran pers bersama bahwa mereka berhasil memproduksi secara massal prototipe desain proses 3nm mereka.

Ada spekulasi yang jelas bahwa Samsung akan menggunakan desain 3nm ini untuk chip Exynos 2500 mendatang.

Kini, laporan Business Korea mengklaim hal serupa, mengungkapkan bahwa seri Galaxy S25 akan menampilkan chip ini.

Bagian paling menarik dari laporan tersebut adalah klaim bahwa Samsung Exynos 2500 akan memiliki efisiensi energi yang lebih baik dibandingkan Snapdragon 8 Gen 4.

Secara historis, chip Qualcomm memiliki keunggulan dalam hal kinerja mentah, sementara prosesor Exynos lebih berfokus pada efisiensi daya.

Tren ini tampaknya akan berlanjut pada SoC yang akan datang jika rumor baru tersebut dapat dipercaya.

Meskipun belum ada angka atau tolok ukur yang mendukung klaim ini, kita juga hanya mengetahui sedikit tentang konfigurasi inti Exynos 2500. Hal ini sangat penting untuk menentukan kinerja dan efisiensi chip.

Salah satu fitur yang dikonfirmasi dari Exynos 2500 adalah ia akan menampilkan inti ARM Cortex-X5. ARM dikabarkan menjadikan Cortex-X5 sebagai CPU ponsel pintar paling kuat yang ada yang dikatakan memiliki kinerja lebih baik daripada inti CPU Oryon yang diharapkan pada Snapdragon 8 Gen 4.

Baca juga : Smartphone Terbaik di 2024 dengan Chipset Snapdragon Harga Rp 2 – 4 Jutaan

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU