Kamis, 20 Juni 2024
Selular.ID -

Laptop AI Microsoft Surface dengan Snapdragon X dan Copilot+ Dijual 16 Juta

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – 2024 menjadi tahun penanda meluasnya kehadiran PC dan laptop AI. Dan ternyata, harganya juga tidak semahal yang dibayangkan.

Laptop terbaru dari Microsoft Surface dijual mulai dari $1.000 atau setara Rp16 juta dan hadir dalam dua ukuran (13,8” dan 15”).

Laptop ini tergolong perangkat tipis, ringan, portabel namun kuat yang menampilkan semua Kecerdasan AI Windows 11 (serta fitur AI pihak ketiga).

Microsoft memiliki postingan blog lengkap yang memperkenalkan merek baru “Copilot+ PC”.

Ini adalah perangkat yang berfokus pada AI yang memiliki setidaknya 40 TOPS, sehingga perangkat tersebut dapat menjalankan banyak tugas AI secara lokal (baik untuk latensi dan, tentu saja, privasi).

Redmond sudah bermitra dengan Samsung, Acer, Asus, Dell, HP dan Lenovo, yang semuanya telah memperkenalkan versi mereka pada Copilot+ PC dan laptop, semuanya, dan semuanya ditenagai oleh chip Snapdragon X dari Qualcomm.

Surface Laptop ditenagai oleh Snapdragon X Elite atau Snapdragon X Plus.

Yang pertama memiliki CPU 12-inti, yang pertama memiliki 10-inti.

Namun, kedua chip tersebut menghasilkan daya komputasi AI sebesar 45 TOPS, sehingga mereka mendapatkan lencana Copilot+.

Model seharga $1.000 tentu saja adalah versi 13,8” dengan chip X Plus. Beralih ke chip X Elite, akan menambah $400.

Laptop X Plus seharga $1.000 hadir dengan RAM 16GB dan penyimpanan 256GB, laptop X Plus 16/512GB berharga $1.200.

Versi X Elite memiliki konfigurasi minimum 16/512GB, jadi hanya separuh dari premi $400 yang dibayarkan untuk chip, separuh lainnya untuk peningkatan penyimpanan.

Baca Juga: Advan Rilis Laptop AI Gen bersama Konsol Game Advan X-Play

Varian 13,8” dan 15” memiliki layar sentuh 3:2 dengan kerapatan piksel 201ppi. Kecepatan refresh dinamisnya mencapai 120Hz dan dilindungi oleh Gorilla Glass 5.

Penutup laptop terbuat dari 67% bahan daur ulang, termasuk 100% aluminium daur ulang (yang telah dianodisasi untuk menghasilkan permukaan akhir yang lebih tahan lama).

Laptop Microsoft Surface memiliki tombol Copilot khusus, jadi mari kita lihat beberapa fitur AI yang terkait dengannya. Penarikan kembali adalah garis waktu praktis yang membantu Anda mengingat dokumen, situs web, aplikasi, atau lainnya yang Anda perlukan.

Dengan Cocreator pengguna bisa memberikan gambaran kasar – sketsa dan deskripsi teks – dan chip Snapdragon X serta model AI lokal kecil akan membuat gambar yang indah untuk Anda, tanpa melibatkan layanan cloud.

Alternatifnya, Anda dapat menggunakan aplikasi Restyle Image untuk mengambil gambar yang ada dan mengubahnya menjadi gambar dengan gaya seni apa pun yang dapat Anda pikirkan.

Terlebih lagi – kekuatan komputasi AI pada chip Snapdragon X dapat digunakan oleh aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Photoshop, DaVinci Resolve Studio, CapCut, Cephable, LiquidText, djay Pro dan banyak lagi.

Baca Juga: Usung Intel Core Gen 12, Laptop 16 Inci Axioo Saga Dijual Rp5 Jutaan

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU