Kamis, 20 Juni 2024
Selular.ID -

Elon Musk Sedang Merancang Superkomputer xAI Demi Grok

BACA JUGA

Selular.ID – menurut laporan terbaru, Elon Musk mempresentasikan rencana untuk ‘pabrik komputasi raksasa’ demi Grok yang lebih baik.

Dilaporkan dari The Information, Elon Musk mengatakan kepada investor bulan ini bahwa startupnya xAI berencana membangun superkomputer pada musim gugur 2025 yang akan mendukung masa depan, iterasi chatbot Grok yang lebih cerdas.

Superkomputer ini, yang menurut laporan Musk disebut sebagai “gigafactory of computing,” akan bergantung pada puluhan ribu GPU NVIDIA H100 dan biaya pembuatannya mencapai miliaran dolar.

Baca juga : Popularitas ChatGPT Memicu Perlombaan Para Raksasa Teknologi di Bidang Artificial Intelligence

Musk sebelumnya mengatakan Grok versi ketiga akan membutuhkan setidaknya 100.000 chip, peningkatan lima kali lipat dari 20.000 GPU yang dikatakan digunakan untuk pelatihan Grok 2.0.

Menurut The Information , Elon Musk juga mengatakan kepada investor dalam presentasinya bahwa cluster GPU yang direncanakan akan berukuran setidaknya empat kali lebih besar dari apa pun yang digunakan saat ini oleh pesaing xAI.

Grok saat ini masih dalam versi 1.5, yang dirilis pada bulan April, dan kini disebut-sebut dapat memproses informasi visual seperti foto dan diagram serta teks.

X awal bulan ini mulai meluncurkan ringkasan berita yang dihasilkan AI yang didukung oleh Grok untuk pengguna premium.

Baca juga: Rencana Elon Musk Menyembunyikan Jumlah Likes dan Retweet Akan Membuat X Twitter Membosankan

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU