Minggu, 16 Juni 2024

Bingung Pilihnya? Inilah Perbedaan Spesifikasi Antara iQOO Z9 dan Z9X

BACA JUGA

Selular.ID – iQOO, sub-merek dari Vivo yang dikenal dengan smartphone berkinerja tinggi, telah merilis dua model terbaru dalam seri Z, yakni iQOO Z9 dan iQOO Z9X ke pasar Indonesia.

Meskipun kedua smartphone ini memiliki beberapa kesamaan, perbedaan signifikan dalam spesifikasi mereka menjadikan masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri.

Berikut adalah perbandingan mendetail antara iQOO Z9 dan Z9X berdasarkan chipset, layar, kamera, memori, dan baterai.

Chipset

Perbedaan paling mencolok antara iQOO Z9 dan Z9X terletak pada chipset yang digunakan:

– iQOO Z9: Ditenagai oleh Snapdragon 7 Gen 3, chipset ini menawarkan kinerja yang lebih unggul dengan efisiensi daya yang lebih baik.

Snapdragon 7 Gen 3 dibuat dengan teknologi fabrikasi yang lebih maju, sehingga menghasilkan performa yang lebih cepat dan pengalaman multitasking yang lebih halus.

– iQOO Z9X: Menggunakan Snapdragon 6 Gen 1, yang meskipun cukup mumpuni untuk penggunaan sehari-hari, namun tidak secepat atau seefisien Snapdragon 7 Gen 3.

Chipset ini cocok untuk pengguna yang tidak membutuhkan performa ekstrem tetapi tetap ingin mendapatkan pengalaman yang baik dari sebuah smartphone menengah.

Untuk melihat perbedaanya, Snapdragon 7 Gen 3 ini memang lebih unggul, dengan skor uji AnTuTu nya mencapai 807 ribu, sementara untuk Snapdragon 6 Gen 1 hanya 500 ribuan.

Layar

Layar menjadi salah satu faktor penting dalam perbandingan ini:

– iQOO Z9: Menampilkan layar AMOLED berukuran 6,78 inci dengan refresh rate 144Hz. Layar ini menawarkan reproduksi warna yang lebih hidup, kontras yang lebih tajam, dan efisiensi energi yang lebih baik dibandingkan dengan LCD.

Refresh rate yang tinggi membuat pengalaman bermain game dan scrolling menjadi sangat mulus.

– iQOO Z9X: Memiliki layar LCD berukuran 6,72 inci dengan refresh rate 120Hz. Meskipun tidak setara dengan AMOLED dalam hal kualitas tampilan dan efisiensi energi, layar ini tetap memberikan pengalaman visual yang baik dan refresh rate yang cukup tinggi untuk penggunaan sehari-hari.

Kamera

Kedua model memiliki konfigurasi kamera yang berbeda, terutama di bagian depan:

– iQOO Z9: Dilengkapi dengan kamera utama 50MP dan kamera depan 16MP. Kamera utamanya mampu menghasilkan foto dengan detail yang tajam dan warna yang akurat.

Kamera depan 16MP menawarkan kualitas selfie yang lebih baik dengan resolusi yang lebih tinggi.

– iQOO Z9X: Juga memiliki kamera utama 50MP yang serupa dengan Z9, tetapi kamera depannya hanya 8MP. Hal ini membuat kualitas selfie pada Z9X sedikit di bawah Z9, meskipun kamera utama tetap mumpuni untuk fotografi.

Memori

Kedua model menawarkan pilihan memori yang sama:

– iQOO Z9 dan Z9X: Tersedia dalam konfigurasi memori 8GB/128GB, 8GB/256GB, dan 12GB/256GB. Pilihan ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk memilih sesuai dengan kebutuhan penyimpanan dan multitasking mereka.

Baterai

Baterai adalah salah satu aspek di mana kedua model ini sama-sama kuat, tetapi dengan perbedaan dalam kecepatan pengisian daya:

– iQOO Z9: Dilengkapi dengan baterai berkapasitas 6000mAh dan mendukung pengisian daya cepat 80 watt. Kapasitas baterai yang besar dikombinasikan dengan pengisian daya cepat menjadikan Z9 sangat cocok untuk pengguna yang membutuhkan daya tahan baterai yang lama dan pengisian ulang yang cepat.

– iQOO Z9X: Juga memiliki baterai 6000mAh, tetapi hanya mendukung pengisian daya 44 watt. Meskipun kapasitas baterai sama besar, kecepatan pengisian yang lebih rendah berarti Z9X memerlukan waktu lebih lama untuk terisi penuh dibandingkan dengan Z9.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, iQOO Z9 dan Z9X menawarkan beberapa spesifikasi yang sama, seperti pilihan memori dan kapasitas baterai, tetapi perbedaan utama terletak pada chipset, layar, dan kecepatan pengisian daya.

iQOO Z9 dengan Snapdragon 7 Gen 3, layar AMOLED 144Hz, dan pengisian daya 80 watt menawarkan performa dan fitur premium yang lebih cocok untuk pengguna yang menginginkan pengalaman terbaik.

Sebaliknya, iQOO Z9X dengan Snapdragon 6 Gen 1, layar LCD 120Hz, dan pengisian daya 44 watt menjadi pilihan yang lebih ekonomis namun tetap handal untuk penggunaan sehari-hari.

Pemilihan antara kedua model ini akan bergantung pada prioritas pengguna, apakah menginginkan performa maksimal atau memilih keseimbangan antara harga dan fitur.

Baca juga : Ini Peningkatan Yang Dibawa iQOO Z9X Ketimbang Generasi Sebelumnya

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU