Kamis, 18 Juli 2024
Selular.ID -

Apakah Bermain Game Sambil di Charge Merusak Smartphone Anda?

BACA JUGA

Selular.ID – Bermain game sambil mengisi daya smartphone telah menjadi kebiasaan bagi banyak orang, ternyata tidak baik.

Namun, apakah ini berdampak negatif pada kesehatan perangkat Anda? Ini adalah pertanyaan yang sering muncul di antara para gamer. Mari kita jelajahi apakah praktek ini baik atau buruk untuk kesehatan smartphone Anda.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika bermain game sambil di charge. Pertama, suhu. Pengisian daya dapat meningkatkan suhu perangkat Anda, terutama jika digunakan secara intensif seperti saat bermain game.

Peningkatan suhu yang signifikan dapat merusak baterai dan komponen internal lainnya. Jika suhu naik terlalu tinggi, bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada smartphone Anda.

Selanjutnya, penggunaan daya. Saat bermain game dan mengisi daya pada saat yang bersamaan, Anda mengeksploitasi daya baterai dengan intensitas tinggi.

Ini dapat menyebabkan baterai menjadi panas dan menurunkan umur pakainya secara signifikan. Baterai yang terlalu panas juga lebih rentan terhadap kerusakan dan bahkan risiko kebakaran.

Selain itu, penggunaan daya yang intensif juga dapat menyebabkan tegangan yang tidak stabil, yang dapat merusak komponen dalam jangka panjang.

Hal ini terutama berlaku untuk pengisian daya dengan menggunakan charger yang tidak resmi atau kabel yang rusak.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko merusak smartphone saat bermain game sambil di charge.

Pertama, pastikan ruangan tempat Anda bermain game memiliki ventilasi yang baik untuk membantu mendinginkan perangkat. Selain itu, gunakan charger dan kabel yang resmi dan berkualitas untuk menghindari masalah tegangan yang tidak stabil.

Selain itu, jeda sesekali dalam bermain game untuk membiarkan perangkat Anda mendinginkan diri juga merupakan langkah yang baik.

Jika perangkat terasa terlalu panas, matikan sejenak untuk memberi waktu kepada baterai dan komponen lainnya untuk mendinginkan diri.

Dalam kesimpulan, meskipun bermain game sambil di charge bisa menjadi kenikmatan tersendiri, praktek ini bisa merugikan kesehatan smartphone Anda jika tidak dilakukan dengan benar.

Penting untuk memperhatikan suhu dan penggunaan daya perangkat Anda serta mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk memastikan kesehatan jangka panjang smartphone Anda.

Baca juga : Charger Menjadi Penyumbang Terbesar dari Total Penjualan Aukey

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU