Jumat, 24 Mei 2024
Selular.ID -

Western Digital Rilis SanDisk 4TB, Berikut Prediksi Harganya

BACA JUGA

Selular.ID – Western Digital (WD) perusahaan yang memproduksi Sandisk bakal meluncurkan model 4TB di jajaran SanDisk tahun depan (2025). Berita tentang produk yang akan datang, dilaporkan oleh Anandtech, kartu SD ini dapat digunakan siapa saja yang memiliki kamera digital atau perangkat genggam. Sejauh ini kartu SD baru saja mencapai level 2TB.

Meskipun format SDUC (Secure Digital Ultra Kapasitas) dari spesifikasi 7.0 SD memungkinkan hingga 128 TB, namun tidak ada drive seperti itu di pasaran.

Alasannya cukup sederhana. Dibandingkan dengan drive NVMe ukuran M.2 2280, ruang kartu SD sangat terbatas, sehingga beberapa chip flash NAND tidak dapat dipasang untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Di dalam masing-masingnya terdapat delapan cetakan, yang pada gilirannya terdiri dari dua bidang yang terdiri dari 112 lapisan sel memori.

Itu bukan yang terpadat yang dibuat oleh Western Digital, karena BiCS FLASH generasi ke-8 (dibuat bersama oleh Toshiba) memiliki 218 lapisan.

Namun untuk mendapatkan 4TB dalam kartu SD standar, Western Digital mungkin harus menggunakan lebih dari itu, karena ruang yang tersedia untuk chip membatasi jumlah cetakan yang ada di dalamnya.

Baca Juga:Datascrip Menjadi Authorized Distributor WD dan SanDisk

Kartu SD tidak terkenal cepat, dan model 4TB akan berbeda, menggunakan antarmuka UHS-I (Kecepatan Ultra Tinggi) dan memiliki peringkat kecepatan Kelas 10—yang bagus untuk kecepatan transfer minimum 10 MB /s dan maksimum absolut 104 MB/s.

Ini juga akan menggunakan Kelas Kecepatan Video V30, yang berarti akan memiliki kecepatan tulis sekuensial minimum 30 MB/s.

Meskipun ini bukan drive NVMe pada umumnya, drive ini seharusnya cukup untuk perekaman video 4K atau bahkan 8K dengan kamera digital.

Baca Juga:SSD SanDisk Extreme Bermasalah, Western Digital Janji Rilis Pembaruan Firmware

Western Digital belum mengumumkan harga apa pun untuk kartu 4TB yang akan datang, tetapi mengingat model SanDisk Extreme Pro 1TB, dengan antarmuka yang sama, berharga sekitar $140 sekira Rp2.055 jutaan di Amazon, tidak sulit untuk menebak harga kartu SD 4TB.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU