Beranda News Review: WD My Passport SSD, Kecil dengan Kapasitas Besar dan kencang

Review: WD My Passport SSD, Kecil dengan Kapasitas Besar dan kencang

-

Jakarta, Selular.ID – Western Digital baru-baru ini mengenalkan harddisk external dengan kapasitas lapang, yakni My Passport SSD dengan kode WDBAGF0010BBL-WESN.

Kapasitas  harddisk external ini tidak tanggung-tanggung, yakni 1 TB. Mekipun memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, namun WD My Passport SSD ini memiliki desain yang sangat cantik dan ringkes. Sehingga penggunanya bisa membawanya kemana-mana.

Seperti apa performa, keunggulan WD My Passport SSD, Selular.ID coba merangkumnya.

Kotak Penjualan

Dalam paket pembelian hardisk eksternal ini terdiri dari kabel USB-C ke USB-C dan adaptor USB-C ke USB-A saja.

Desain

Mungkin Anda menggangap meski hadir dengan desain mungil, yakni dimensi 3.94 inci x 2.17 inci x 0.35 inci, bobot SSD ini cukup berat. Anggapan itu sama sekali terbantahkan, dengan dimensi tersebut, WD My Passport SSD memiliki bobot 45.7 gram. Sehingga sangat ringan. Dengan aksen gelombang pada badan perangkat dan sudut serta tepian membulat, meningkatkan portabilitas serta membuatnya mudah untuk dibawa kemanapun.

Produk ini juga nyaman untuk digenggam di tangan, dan pas untuk disimpan di tas atau saku, serta memungkinkan konsumen untuk membawa konten mereka ke mana pun dan menjaga produktivitas mereka.

WD My Passport SSD, tersedia dalam berbagai pilihan warna modern, yaitu abu-abu, biru, merah, dan gold, konsumen dapat memilih yang paling sesuai dengan gaya mereka.

Performa

WD My Passport SSD 1TB menggunakan port USB-C, sehingga ekspektasi pengguna boleh cukup tinggi. My Passport SSD, dapat memindahkan dan mengedit konten berkualitas tinggi hampir dua kali lebih cepat, dibandingkan dengan drive versi sebelumnya, sehingga mereka dapat membuat lebih banyak konten. Baik di laptop atau di desktop saat di rumah, di kantor, atau di perjalanan.

Pengguna  dapat menyimpan data mereka dengan aman, harddisk external ini enkripsi ke perangkat keras 256-bit AES, yang diaktifkan dengan password untuk membantu melindungi konten berharga dengan mudah.

My Passport SSD, didukung dengan teknologi NVMe dengan kecepatan baca 1044MB per detik, dan kecepatan tulis 1018MB per detik. Klaim kecepatan ini sudah tepat, dan yang menarik adalah kecepatan menulis data yang terpaut tipis, membuatnya juga tak hanya cocok untuk menjadi sekadar wadah transfer data dalam ukuran besar, tetapi juga dapat berfungsi sebagai penyimpanan yang dapat memainkan game langsung saat terpasang di PC atau laptop.

Saat digunakan dalam jangka waktu yang lama,harddisk external memang akan menimbulkan panas. Hal tersebut memang berkaitan erat dengan penggunaan SSD NVMe yang memang menimbulkan panas. Namun, saat dipegang panas yang dihasilkan tidak terlalu mengganggu. Mungkin hal ini berkaitan dengan penggunaan bahan plastik polikarbonat tersebut.

My Passport SSD menyertakan perangkat lunak untuk memudahkan mem-back up file yang besar ke drive atau akun layanan cloud. Teknologi USB 3.2 Gen-2 dengan kabel USB-C dan adaptor USB-A dan kompatibel untuk Mac dan PC.

Tahan Banting

Meskipun ringan, WD mengklaim harddisk eksternal ini telah dilengkapi kemampuan tahan benturan dan guncangan. Ketahanan ini membuatnya kuat saat jatuh dari ketinggian hampir dua meter. Beberapa fitur yang ditawarkan WD My Passport SSD 1TB adalah proteksi enkripsi hardware 256-bit AES. Sayangnya hardidisk eksternal ini tidak didukung dengan indikator LED sebagai penanda aktif perangkat.

Harga dan Ketersediaan

Untuk harga dan ketersediaan, My Passport SSD didukung oleh garansi terbatas lima tahun dan saat ini tersedia dalam kapasitas 500GB dan 1TB. Kapasitas 2TB dan warna-warna lainnya akan tersedia menyusul pada akhir tahun ini. Drive baru ini dipasarkan dengan harga:

• Rp1.899.000 untuk kapasitas 500GB
• Rp2.999.000 untuk kapasitas 1TB
• Rp6.299.000 untuk kapasitas 2TB

Artikel Terbaru