Kamis, 23 Mei 2024
Selular.ID -

‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ Jadi Mitigasi Indosat dalam Menghadapi Force Majeure

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Insiden kebakaran di gedung pemancar Indosat Gombel, Semarang, Jawa Tengah pada 1 Januari 2024 membuat Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) lebih mawas diri.

Bersama mitra penyedia layanan, Huawei, saat itu berhasil memulihkan layanan jaringan di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dalam waktu 24 jam pasca insiden kebakaran.

Pemulihan jaringan yang berlangsung cepat dan profesional ini menunjukkan keselarasan komitmen antara Indosat dan Huawei dalam memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi pada pelanggan dan resiliensi.

Belajar dari insiden tersebut, menjelang Idulfitri 2024, Indosat Ooredoo Hutchison memastikan kesiapan layananannya untuk mendukung aktivitas ibadah Ramadan, perjalanan mudik, hingga berlibur lebaran seluruh pelanggannya.

Perusahaan menyerukan komitmen terbaru yang disebutnya “Unparalleled network services guaranteed” atau jaminan koneksi lancar tak tertandingi.

Pada acara Silaturahmi Ramadan bersama Manajemen IOH pada Rabu 3 April silam, Steve Saerang selaku SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison menegaskan, “Kami dari IOH sudah komit dengan unparalleled network services guaranteed. Ini adalah yang pertama kali dilakukan (oleh penyedia telekomunikasi di Indonesia).”

Steve menyerukan bahwa IOH percaya kepada seluruh tim di lapangan yang dimilikinya yang selalu sigap untuk memperbaiki apapun kondisinya.

“Mengapa kami bisa komit? Karena kami percaya tim yang bekerja di lapangan 24/7 tidak akan pernah berhenti untuk melakukan optimalisasi dan perbaikan apapun kondisi yang dialami, termasuk dengan force majeure yang bisa terjadi,” ungkap Steve.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Indosat sempat mengalami force majeure seperti kebakaran di Semarang.

Steve mengaku kejadian itu menjadi antisipasi kedepannya.

“(Insiden) ini bisa dikatakan sebagai suatu hal yang kami antisipasi akan terjadi dan jika terjadi, ada backup system yang sudah disiapkan,” paparnya.

Unparalleled network services guaranteed ini, lanjut Steve, akan fokus memastikan aktivitas pelanggan tidak terganggu.

“Fokus kami pada ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ ini adalah membuat berbagai skenario agar kegiatan masyarakat dan pelanggan kami tidak terganggu karena ada beberapa backup plan,” ungkapnya.

Baca Juga: Terungkap Penyebab Kebakaran Pabrik iPhone Pegatron India

Pada kesempatan yang sama, Agus Sulistio selaku SVP Head of Network Operation Indosat Ooredoo Hutchison menuturkan, IOH juga sudah mengadopsi langkah preventif jika terjadi insiden serupa.

“Ada beberapa langkah preventif yang sudah kami adopsi. Apa yang kami mau adalah Best Network. Dari sisi resiliensi itu penting. Yang kedua kami lakukan revamp, itu sudah kami lakukan di infrastruktur kami. Secara SOP pun sudah kami aplikasikan. Itu yang memberikan kami comfort bahwa hal itu tidak akan terjadi lagi.”

“Itu menjadi pelajaran berharga bagi kami, untuk memberikan suatu hal yang lebih untuk memastikan jaringan kami adalah unparelleled (tak tertandingi). Itu komitmen kami,” tutup Agus.

Baca Juga: Cara Indosat dan Huawei Ambil Langkah Cepat Pulihkan Jaringan Pasca Kebakaran

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU