Jumat, 24 Mei 2024
Selular.ID -

Project Titan Gagal, Apple PHK Karyawan Otomotif

BACA JUGA

Selular.ID – Perjalanan Apple ke dunia otomotif terhenti, dan dampaknya masih terasa di seluruh perusahaan.

Banyak karyawan yang terlibat dalam inisiatif mobil rahasia “Project Titan” baru-baru ini diberhentikan.

Pergeseran fokus Apple telah mengakibatkan lebih dari 600 karyawan dipecat.

Meskipun sebagian besar PHK berdampak pada staf yang terlibat dalam Project Titan, ada juga yang bekerja pada pengembangan layar microLED.

Dari mereka yang terkena dampak, setidaknya 87 orang bekerja di fasilitas khusus pengembangan layar generasi berikutnya.

Pada saat yang sama, 371 lainnya berbasis di pusat otomotif utama Apple di Santa Clara, California. Perampingan meluas ke berbagai satelit.

Apple tidak pernah merinci aspirasi mobilnya.

Orang dalam industri membisikkan tentang kendaraan self-driving yang revolusioner, yang ditenagai oleh karyawan terkemuka dari sektor otomotif.

Lalu muncullah paten-paten yang menarik untuk teknologi kendaraan. Namun, meskipun terdapat upaya investasi dan pengembangan yang signifikan, Proyek Titan gagal karena serangkaian kemunduran teknis dan ketidakpastian strategis.

Apple tidak sepenuhnya meninggalkan ambisi otomotifnya.

Apa yang mungkin terjadi di masa depan adalah pengalihan keahlian dan wawasan yang diperoleh dari Project Titan, yang berpotensi diterapkan pada fitur-fitur produk dan layanan Apple di masa depan.

Beberapa mantan anggota tim Project Titan dilaporkan menemukan rumah baru dalam kelompok yang dipimpin oleh ahli AI kelas berat Apple, John Giannandrea.

Baca Juga: TKDN EV Tinggi, Pemain Komponen Otomotif Full Senyum

Dalam kemunduran lainnya baru-baru ini, Apple juga menghentikan upayanya untuk mengembangkan layar microLED berpemilik untuk Apple Watch.

Meskipun layar ini menawarkan kecerahan dan daya tahan yang unggul dibandingkan OLED, biaya produksi dan tantangan penskalaan terbukti terlalu signifikan.

Lalu apa selanjutnya untuk Apple? AI dan robotika menjadi pusat perhatian.

Hal ini seharusnya tidak terlalu mengejutkan, CEO Apple Tim Cook memuji sistem otonom sebagai “induk dari semua proyek AI”.

Investasi Apple di bidang ini terbukti dalam chip bertenaga yang dioptimalkan untuk pemrosesan AI, seperti seri A17 dan M terbaru.

Kemajuan ini meletakkan dasar bagi kemampuan-kemampuan menarik, dengan petunjuk akan adanya terobosan AI besar yang hadir pada iOS 18 yang sangat dinantikan.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga iPhone 15 Pro, Flagship Berbahan Titanium Ringan

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU