Jumat, 24 Mei 2024
Selular.ID -

Setelah Dimatikan Sunbird iMessage Android Kembali

BACA JUGA

Selular.ID – Sunbird kembali menghadirkan iMessage ke Android setelah perusahaan menutup layanannya karena masalah keamanan.

Terakhir kali tersedia, perusahaan bermitra dengan Nothing untuk layanan yang dikenal sebagai ‘Nothing Chats’, layanan iMessage lain untuk Android yang menjanjikan gelembung biru namun menghadapi masalah keamanan besar.

Menurut siaran pers terbaru mereka, mereka akan memulai dengan rilis beta untuk dicoba semua orang, yang sudah menampilkan beberapa perbaikan, penyempurnaan, dan peningkatan dibandingkan dengan peluncuran awalnya.

Dari arsitektur AV1 iMessage sebelumnya, perusahaan telah mengembangkan penerapan yang lebih baik dan baru, yaitu AV2.

Sekarang fokus pada peningkatan privasi pengguna dan menggunakan broker pesan MQTTS, standar OASIS untuk pengiriman pesan yang aman.

Sunbird berjanji bahwa ketika pesan yang didekripsi diteruskan ke iMessage dan RCS/Google Messages Network, pesan tersebut hanya akan ada di memori untuk waktu yang singkat.

Baca Juga:Aplikasi Serupa iMessage milik Nothing Ditarik dari Play Store

Masalah Shutdown dan Keamanan Sunbird
Pada tahun 2022, Sunbird adalah salah satu perusahaan pertama yang menghadirkan iMessage untuk Android dan menjanjikan pengalaman ini untuk semua orang, setelah itu Sunbird bermitra dengan Nothing Chats untuk menghadirkan pengalaman yang sama pada aplikasinya.

Namun, banyak masalah keamanan yang ditemukan, termasuk masalah privasi saat pesan disimpan di Firebase Database, Panggilan API HTTP yang tidak terenkripsi, dan banyak lagi.

Sekarang, perusahaan berupaya memperbaiki semua ini, membuatnya lebih aman, dan meluncurkannya secara bertahap kepada pengguna yang telah mendaftar (dengan daftar tunggu masih terbuka bagi mereka yang ingin bergabung melalui tautan ini ), dengan Sunbird mengirimkan undangan ke yang diterima.

iMessage untuk Interkonektivitas Android
Tahun lalu, muncul gelombang besar perusahaan yang ingin menghadirkan layanan iMessage untuk Android, dan hal ini terjadi di tengah perbincangan mengenai keengganan Apple untuk mengadopsi RCS.

Diantara banyak perusahaan yang melakukan hal ini, yang pertama adalah Sunbird, diikuti oleh Nothing Chats melalui kemitraan dengan mereka, awalnya eksklusif untuk Nothing Phone (2) dan memerlukan login ID Apple.

Kemudian diikuti oleh layanan yang banyak digunakan di dunia, dengan Beeper memperkenalkan aplikasi Beeper Mini untuk menghadirkan layanan iMessage untuk Android yang didambakan.

Namun, pengalaman ini menimbulkan masalah yang signifikan, salah satunya adalah pelanggan merasa sulit untuk terhubung ke layanan karena Apple menghentikan layanan mereka, dengan status mati dan hidup lagi hingga operasi dihentikan.

Sunbird dan Beeper adalah dua perusahaan yang berupaya menghadirkan interkonektivitas iMessage ke Android, dan meskipun tujuannya ada, beberapa masalah muncul di tengah jalan.

Baca Juga:Alasan Sunbird Matikan Platform iMessage di Android

Kini, Sunbird kembali untuk putaran kedua, dan ini terjadi setelah keputusan adopsi RCS Apple yang akan segera menghadirkan iMessage ke Android. Sunbird ingin meluncurkannya secara perlahan kali ini.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU