Jumat, 24 Mei 2024
Selular.ID -

Kanada Investasi Besar-Besaran untuk AI

BACA JUGA

Selular.ID – Rencana investasi Kanada sebesar $2,4 miliar (setara Rp38 triliun) pada AI akan fokus pada peningkatan kekuatan komputasi untuk penelitian AI, startup, dan peningkatan skala.

Perdana Menteri Justin Trudeau menekankan potensi investasi ini untuk mendorong penciptaan lapangan kerja dan meningkatkan penelitian dan produktivitas bisnis di sektor AI.

Sebagian besar investasi, sekitar CA$2 miliar, akan didedikasikan untuk meningkatkan kemampuan komputasi dan infrastruktur.

Pemerintahan Liberal Kanada telah mengumumkan paket senilai $2,4 miliar yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan buatan (AI) negara tersebut.

Menurut CBC, pemerintah Kanada bermaksud menggunakan anggaran tahun 2024 untuk menyalurkan dana tersebut guna meningkatkan daya komputasi bagi para peneliti AI, startup, dan peningkatan skala di negara tersebut.

Perdana Menteri Justin Trudeau menyatakan investasi ini akan memanfaatkan seluruh potensi AI dengan mempercepat penciptaan lapangan kerja di sektor AI Kanada, serta meningkatkan penelitian dan produktivitas bisnis melalui penerapannya.

Baca Juga: AI Generatif Tidak Bisa Dilindungi Hak Cipta

Sebagian besar investasi (CA$2 miliar) akan digunakan untuk meningkatkan kemampuan komputasi dan infrastruktur. Dukungan ini akan bermanfaat bagi para peneliti dan startup AI terkemuka di Kanada, yang mengarah pada pembentukan Canadian AI Sovereign Compute Strategy.

Saat ini, Kanada sangat bergantung pada sistem komputasi milik swasta, kemungkinan besar mengacu pada layanan cloud yang ditawarkan oleh perusahaan yang berbasis di luar negeri. Hal ini menimbulkan kekhawatiran keamanan, karena data yang disimpan di sistem ini rentan terhadap akses asing.

Wakil Perdana Menteri Chrystia Freeland menyarankan pada konferensi pers hari Minggu bahwa dana tersebut akan memungkinkan Kanada untuk menyimpan dan memproses data di dalam perbatasannya sendiri, sehingga berpotensi meningkatkan keamanan nasional, menurut laporan dari Toronto Star.

Freeland yakin Kanada memiliki sumber daya untuk membangun infrastruktur superkomputernya sendiri. Hal ini mencakup akses terhadap listrik bersih untuk menggerakkan sistem, insinyur terampil untuk merancang dan memeliharanya, iklim dingin yang dapat membantu pendinginan, dan ruang yang luas untuk menampung fasilitas besar.

Baca Juga: Google Menyertakan Teknologi AI Generatif ke Maps

Selain itu, CA$200 juta akan didistribusikan oleh Badan Pembangunan Regional Kanada untuk memberi insentif bagi startup AI dan meningkatkan integrasi AI di sektor-sektor penting seperti pertanian, layanan kesehatan, teknologi ramah lingkungan, dan manufaktur.

Model AI generatif, yang didorong oleh pionir seperti OpenAI dengan ChatGPT dan Google Gemini, mengalami kemajuan pesat. Kanada tampak bersemangat untuk mengembangkan pesaingnya sendiri di bidang ini.

Pemerintah Kanada juga mendirikan lembaga keamanan AI senilai $50 juta. Lembaga ini kemungkinan besar akan meneliti dan mengembangkan perlindungan untuk memitigasi risiko yang ditimbulkan oleh “sistem AI yang canggih atau jahat.”

Tambahan $5,1 juta akan disalurkan ke kantor AI dan Komisaris Data, yang kemungkinan besar akan berperan dalam menegakkan Undang-Undang Kecerdasan Buatan dan Data. Undang-undang ini akan menetapkan pedoman dan peraturan seputar pengembangan, penggunaan, dan pengawasan AI di Kanada.

Baca Juga: Oppo Gelar Penjualan Perdana Serentak di Indonesia, dan Janjikan Update Fitur AI Generatif di Reno11 F 5G

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU