Minggu, 19 Mei 2024
Selular.ID -

Huawei Segera Rilis HP Terbarunya, Jadi Pesaing iPhone

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Huawei bersiap meluncurkan handphone atau HP baru yang model dan spesifikasinya masih mereka rahasiakan.

Peluncuran HP misterius ini mengulang strategi serupa pada 2023 yang sukses besar serta membuat pemerintah Amerika Serikat kaget.

Tahun lalu, Huawei Mate 60 buatan Huawei membuat industri smartphone dan elektronik dunia geger.

Pasalnya, HP premium tersebut dirakit menggunakan chip canggih buatan lokal.

TONTON JUGA:

Kemunculan chip lokal di Mate 60 menunjukkan kemampuan industri teknologi China untuk lepas dari ketergantungan atas produsen chip AS.

Sebelum Mate 60, Huawei tidak bisa membeli chip dari perusahaan AS sehingga harus berhenti memproduksi HP premium untuk bersaing dengan iPhone buatan Apple.

Baca juga: Bangun Gudang Cerdas Pertama di Indonesia, Huawei Pamer Kepemimpinan Dalam Teknologi 5G

Pada akhir pekan ini, Huawei membuka pendaftaran bagi konsumen yang ingin membeli HP model terbaru mereka yang spesifikasi dan modelnya belum diumumkan. Publik China berspekulasi HP baru yang akan Huawei rilis adalah Huawei P70.

Seperti Mate 60, P70 juga akan menggunakan chip canggih buatan China.

Huawei seri P adalah kategori HP premium Huawei yang selalu lengkap dengan kamera paling canggih dengan desain yang anggun.

Di sisi lain, lewat seri Mate, Huawei menonjolkan kinerja HP dan fitur-fitur untuk profesional.

Kamis pekan lalu, Huawei meluncurkan dua produk baru yaitu mobil pintar dan laptop.

Warga China yang berharap bisa melihat HP Huawei P70 di ajang tersebut menyuarakan kekecewaan mereka di internet.

Pada Jumat, Reuters melihat bahwa tiga toko Huawei di Beijing mulai mengajak para pengunjung untuk mendaftarkan diri agar menjadi yang pertama menerima informasi soal HP baru keluaran Huawei.

Pengguna yang telah mendaftarkan diri akan menerima pemberitahuan soal spesifikasi dan warna HP baru yang segera rilis Huawei dalam waktu dekat.

Baca juga: iPhone 17 Pro Bakal Jadi Ponsel Pertama Apple Menggunakan Chipset 2NM TSMC

Analis IDC Will Wong menyatakan kepada Reuters bahwa taktik Huawei memiliki dua tujuan yaitu, menjaga peluncuran HP baru tetap low-profile di tengah ketegangan hubungan dagang China-AS sekaligus memicu antusiasme calon pembeli.

Analis di Counterpoint, Archie Zhang, menambahkan bahwa cara ini juga dipilih karena persediaan P70 yang terbatas seperti halnya Mate 60 saat awal peluncurannya tahun lalu.

Menurut Reuters, Huawei harus menahan produksi Mate 60 karena harus menggunakan kapasitas pabriknya untuk menggenjot produksi chip AI.

Ikuti berita Selular.id di Google News

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU