Rabu, 19 Juni 2024
Selular.ID -

Brand Smartphone Seharusnya Bisa Beri Dukungan OS Sampai 7 Tahun

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Berapa tahun kita bisa menggunakan satu smartphone Android? Mungkin ada yang menjawab dua, tiga, empat, sampai lima tahun.

Jawaban yang lebih tepat adalah selama smartphone kita bisa berfungsi dengan baik. Karena memang, kebutuhan aplikasi tiap pengguna berbeda-beda.

Namun jika kita asumsikan semua pengguna menggunakan aplikasi standar, sebenarnya kita bisa menggunakan ponsel Android sampai delapan bahkan sepuluh tahun.

Hanya saja itu ada syaratnya, yakni produsen ponsel rutin mengeluarkan update keamanan dan update sistem.

Salah satu produsen yang berjanji untuk memberikan dukungan selama 8 tahun untuk tablet dan 7 tahun untuk smartphone, adalah Samsung.

Dengan peluncuran seri Galaxy S24, Samsung memperpanjang dukungan perangkat lunak untuk ponsel tertentu hingga 7 tahun (baik pembaruan OS maupun patch keamanan).

Sekarang perusahaan memutuskan untuk memberikan dukungan lebih lama lagi pada beberapa perangkat Edisi Perusahaan-nya.

Tablet yang diluncurkan pada tahun 2024 atau lebih baru akan menerima dukungan selama 8 tahun.

Saat ini, hal tersebut hanya berlaku pada Galaxy Tab Active5, yang diluncurkan pada bulan Januari, tetapi tentu saja akan ada model baru di masa mendatang.

Untuk ponsel Enterprise seperti Galaxy Xcover7, Samsung akan memberikan dukungan selama 7 tahun, sama seperti seri S24 untuk konsumen.

Kabar ini dibagikan di LinkedIn oleh seorang eksekutif Samsung asal Belanda.

Tidak jelas apakah hal ini akan diterapkan pada tablet konsumen, tetapi ponsel Galaxy S di masa mendatang sudah menyamai 7 tahun Xcover.

Masalahnya adalah tablet – bahkan tablet premium seperti seri Galaxy Tab S9 hanya mendapatkan 4 pembaruan OS dan 5 tahun patch.

Begitu pula dengan ponsel Galaxy S 2023, mungkin seri Tab S10 juga akan dipacu hingga 7 tahun.

Baca Juga: Berapa Tahun Usia Smartphone, dan Idealnya Ganti Baru?

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU