Jakarta, Selular.ID – Beberapa waktu lalu muncul beberapa nama untuk sistem operasi terbaru Google dengan inisial Android P. Kini Google secara resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya dengan nama Android Pie. Dilansir dari GSMArena, Android 9 Pie memiliki sejumlah pembaruan dan fitur baru.

Dukungan teknologi Machine Learning membuat smartphone lebih pintar. Teknologi ini mampu membuat ponsel Anda lebih cepat dalam mengakses aplikasi.

BACA JUGA:
Disebut Banyak Masalah, Adopsi Apple iOS 12 Lebih Cepat Ketimbang iOS 11

Fitur Slice memungkinkan Anda melakukan pencarian lebih cepat. Misalnya, jika Anda mencari Lift di aplikasi Google.

Lift akan menampilkan Slice dengan opsi untuk masuk ke Rumah atau Kantor. Anda dapat tap untuk meminta taksi secara cepat ke lokasi tersebut.

Fitur baru yang diusung Android Pie ini salah satunya adalah Adaptive Battery. Fitur ini mampu mendeteksi aplikasi yang sedang digunakan dan menguras daya baterai. Setelah mendeteksi, fitur ini akan memberikan pilihan kepada Anda untuk menghemat daya.

BACA JUGA:
Meski Versi Murah, RAM Pixel 3 Lite Lebih Besar dari Edisi Mahalnya

Fitur Adaptive Brightness secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar ponsel dimanapun Anda berada. Android Pie juga memperkenalkan navigasi sistem baru.

Tiga tombol di bagian bawah sekarang digantikan oleh dua tombol dengan mode Overview. Penggunaan mode ini cukup simpel, hanya dengan swipe dari atas ke bawah untuk aplikasi apa pun.

Tampilan notifikasinya pun telah diperbarui. Terlihat ikon lingkaran baru dan preview diperluas untuk pesan dengan opsi smart reply.

BACA JUGA:
Pembaruan Android 9 Pie Tertunda untuk Nokia 8

Android 9 Pie baru tersedia untuk perangkat Pixel secara global. Jika ponsel Pixel belum mendapatkan update Android 9 Pie, mungkin Anda bisa cek di menu setting. Sementara smartphone Android lainnya akan mendapatkan update Android 9 Pie sebelum akhir musim gugur tahun ini.