Senin, 24 Juni 2024
Selular.ID -

Apple Rayu Google Tingkatkan Siri dengan Gemini AI

BACA JUGA

Selular.ID – Pembaruan iOS 18 yang akan datang diharapkan menjadi salah satu yang terbesar, jika bukan yang terbesar, dalam sejarah iOS.

Hal ini sebagian disebabkan oleh banyaknya fitur AI yang akan ditambahkan Apple ke sistem operasi, termasuk kemungkinan peningkatan pada asisten digital Siri.

Meskipun tanggalnya belum diumumkan, banyak pengguna iPhone menantikan konferensi pengembang WWDC 2024 bulan Juni ini untuk melihat perubahan apa yang direncanakan Apple untuk asisten digitalnya.

Ketika Siri pertama kali muncul pada tahun 2011 dengan diperkenalkannya iPhone 4s, tampaknya Apple sedang melakukan sesuatu yang besar.

Namun pada akhirnya, kemampuan dan kinerja Siri dikalahkan oleh Google Assistant dan Alexa dari Amazon, dan penggunaan AI dapat menjadi obat untuk penyakit yang dialami gadis lama tersebut.

Menurut Bloomberg, Apple sedang berbicara dengan Google tentang lisensi Gemini AI yang terakhir. Pembicaraan kedua raksasa teknologi ini telah mencapai tahap negosiasi.

Baca Juga: Rumor: Google Bard Ganti Jadi Gemini

Selain meningkatkan Siri, Apple berharap dapat menggunakan Gemini untuk menambahkan fitur baru berbasis AI ke iOS 18.

Apple dan Google telah memiliki kesepakatan untuk menjadikan Google sebagai mesin pencari default di Safari, sebuah kesepakatan yang dilaporkan membayar Apple hampir $20 miliar per tahun.

Karena kesepakatan ini sedang diselidiki oleh DOJ, kesepakatan apa pun yang melibatkan Apple dan Google, termasuk kesepakatan yang mengizinkan Apple menggunakan Gemini, mungkin harus disetujui oleh Departemen Kehakiman atau badan pengatur lainnya di AS.

Baca Juga: Chatbot Gemini Milik Google Kabarnya Akan Ditunda

Di Android, pengguna bisa menginstal aplikasi Gemini dan memilih agar Gemini menggantikan Asisten Google meskipun beberapa fitur, seperti pengingat, pengontrol media, dan rutinitas tidak akan berfungsi dengan Gemini.

Jika Anda memilih untuk mengganti Asisten Google dengan Gemini dan ingin beralih kembali, buka aplikasi Gemini, ketuk ikon profil, buka pengaturan, ketuk “Asisten digital dari Google” di bagian bawah, dan pilih Asisten Google.

Di iOS, Gemini dapat diakses dari ketukan Gemini di bagian tengah atas aplikasi Google, tepat di bawah asisten digital.

Jika Apple dan Google mencapai kesepakatan mengenai lisensi Gemini, kita akan melihat peningkatan Siri yang merupakan sesuatu yang diharapkan oleh semua pengguna iPhone.

Baca Juga: Ada AI Baru Yang Digadang Bisa Saingi Gemini Ataupun ChatGPT

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU