Rabu, 26 Juni 2024
Selular.ID -

Apple Permudah Beralih ke Android dan Hapus Instalasi Safari

BACA JUGA

Selular.ID – Undang-undang Pasar Digital (Digital Markets Act/DMA) yang baru diterapkan di UE benar-benar merupakan anugerah yang terus diberikan.

Artinya, jika Anda selalu ingin Apple menjadi lebih terbuka, dan tidak terlalu membatasi apa yang dapat Anda lakukan di perangkat selulernya.

Sebelumnya DMA memaksa Apple untuk (dengan enggan, namun tetap) mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga di iOS, browser yang dapat menggunakan mesin renderingnya sendiri, dan sistem pembayaran alternatif untuk aplikasi, namun ternyata bukan itu saja yang DMA minta Apple lakukan.

Perusahaan juga berupaya untuk mempermudah peralihan dari iPhone ke ponsel Android.

Ya, Apple akan memiliki cara yang lebih “ramah pengguna” bagi Anda untuk mentransfer tanggal Anda ke “ponsel non-Apple” pada musim gugur 2025.

Hal ini berasal dari dokumen kepatuhan baru yang diterbitkan oleh Apple untuk menguraikan semua cara yang dipatuhinya dengan DMA.

Baca Juga: Respon Apple Ketika Uni Eropa Meminta USB-C untuk iPhone

Dan masih ada lagi. Juga akan ada cara untuk mentransfer data antar browser pada perangkat iOS yang sama, dan ini akan tersedia pada akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025.

Pada bulan Maret 2025, di Eropa saja, Anda juga akan bisa mengubah aplikasi navigasi default.

Sertaaaa, Anda juga bisa menghapus instalasi Safari sepenuhnya jika Anda menggunakan browser lain dan tidak membutuhkannya lagi. Ini akan tersedia pada akhir tahun ini.

Sebagai awalan, semua fitur ini kemungkinan hanya akan diluncurkan di UE, karena di sanalah DMA berlaku.

Sejauh ini, semua hal yang diterapkan Apple untuk mematuhi DMA hanya terbatas di UE – bahkan, karena toko aplikasi pihak ketiga tersebut tidak akan berfungsi jika Anda bepergian ke luar Uni Eropa untuk waktu yang “terlalu lama” misalnya.

Baca Juga: Samsung Dan Xiaomi Merosot, Apple Rajai Pasar Smartphone Eropa Q4-2023

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU