Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Apple Boncos Miliaran Dolar AS Usai Batal Rilis Mobil Listrik iCar

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Apple boncos miliaran dolar Amerika Serikat (AS) lantaran batal rilis mobil listrik.

Sebelumnya, Apple tengah mengembangkan proyek mobil listrik yang akan mereka namakan iCar.

Namun beredar kabar jika rencana Apple melanjutkan proyek mobil listrik iCar ini batal.

Apple kini banting stir mengembangkan teknologi kecerdasan buatan atau teknologi AI setelah batal mengembangkan proyek mobil listrik iCar karena lesunya permintaan dunia terhadap kendaraan listrik.

Banyak pihak meyakini, pembatalan produksi mobil listrik agar Apple bisa fokus menggarap proyek AI.

TONTON JUGA:
@selular.id

XL Axiata resmi menutup layanan Live On pada 23 Februari 2024. Layanan yang menyasar pelanggan muda itu hanya berusia 3,5 tahun, sejak diluncurkan pada 5 Oktober 2020. Penutupan Live On menyusul pembubaran dua operator digital lainnya yang pernah ada di Indonesia. Tercatat Smartfren menutup Switch Mobile pada Januari 2021 (debut Maret 2020) dan Indosat Ooredoo Hutchison menutup MPWR (baca: Empower) pada Oktober 2022 (dirilis Desember 2020). Saat ini, tertinggal satu operator digital untuk kalangan muda yakni by.U milik Telkomsel. #byu #telkomsel #xl #xlaxiata #liveon #internet #internetprovider #provider #digital

♬ In Love With You – BLVKSHP

Hal tersebut juga didukung munculnya informasi yang menyebut Apple akan menggelar pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam waktu dekat.

Sementara 2.000 staff lainnya yang bekerja di proyek perakitan mobil listrik akan dipindah tugaskan ke divisi pengembangan teknologi AI generatif yang dikepalai oleh eksekutif John Giannandrea.

Baca juga: Apple Berencana Buat iPhone Mirip Handphone Android

Sebelum proyek mobil listrik iCar dihentikan, bos Apple telah berulang kali memberikan sinyal bahwa Apple akan fokus mengembangkan teknologi AI agar perusahaan dapat mengejar ketertinggalan dari perusahaan teknologi lainnya seperti Alphabet’s Google, Amazon.com Inc, dan Microsoft Corp.

Untuk mengeksplorasi kecanggihan teknologi AI dalam produk Apple, perusahaan milik Tim Cook ini selama akhir tahun 2023 fokus melakukan rekrutmen massal.

Eksplorasi ini sengaja dilakukan produk Apple dapat mengotomatisasi meningkatkan efisiensi dan produktivitas seperti mengerjakan tugas-tugas rutin seperti pengolahan data, analisis data, dan monitoring sistem, serta melahirkan generasi baru aplikasi bisnis.

“Ya, kami sedang merekrut pekerja di bidang AI sehingga saya memperkirakan investasi akan meningkat,” kata Tim Cook, bos Apple, Oktober lalu.

Sebelumya, Apple menyatakan berhenti mendanai proyek perakitan mobil listrik masa depan bernama iCar yang telah digagas sejak satu dekade silam tepatnya 2014.

Baca juga: Sejumlah Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia, Komponen Mobil Listrik

Orang dalam perusahaan mengungkapkan bahwa Apple resmi menarik diri dari industri otomotif, dengan menghentikan proyek mobil bernilai miliaran dolar yang di gadang–gadang bisa menjadi pesaing sengit Tesla.

“Apple Inc. membatalkan upaya selama satu dekade untuk membuat mobil listrik, meninggalkan salah satu proyek paling ambisius dalam sejarah perusahaan,” ujar orang-orang yang mengetahui masalah tersebut, sebagaimana Selular kutip dari Bloomberg.

Apple menolak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kebenaran isu tersebut.

Simak juga berita menarik lainnya dari Selular.id di Google News

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU