Jumat, 1 Maret 2024
Selular.ID -

Ini Yang Disebut Ganjar Pabrik Ponsel Di Semarang

BACA JUGA

Selular.ID – Pada debat capres kelima, pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo sebut ada pabrik ponsel Indonesia berada di Semarang, ternyata ini dia.

Debat kelima calon presiden kali ini mengambil tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Menarik pada pembahasan teknologi informasi menyinggung soal manufaktur Indonesia yang minim, nyatanya hal tersebut membuat Indonesia selalu impor ponsel mencapai 30 triliun rupiah.

Disinggung pula padahal membangun pabrik atau manufaktur hanya membutuhkan investasi sekitar 500 miliar rupiah.

Nyatanya, calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo ungkap kalau Indonesia sudah punya manufakturing teknologi ponsel berada di Semarang. Notabene adalah wilayah kekuasaannya selama ia menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Dan tidak omong kosong, setelah di tarik fakta memang ada manufaktur tersebut yang telah ada kurang lebih selama dua dekade.

Advan, adalah yang pertama hadirkan pabrik tersebut di tahun 2000an, namun pada saat itu hanya pabrik untuk perakitan saja.

Namun di tahun 2012, pabrik tersebut menjelma aktif memproduksi tablet PC dan juga ponsel smartphone. Data yang dipaparkan Ganjar adalah benar adanya.

Pabrik sudah ada, brand Advan pun masih berjaya hingga saat ini, meskipun dibawah gempuran dari brand luar negeri yang di dominasi oleh Tiongkok.

Advan sendiri hingga saat ini sekiranya lebih berfokus kepada memproduksi laptop, PC dan tablet. Terlihat terakhir kali Advan merilis produk yakni laptop Advan Workplus Series dan One PC AIO yang sudah menggunakan prosesor terdepaan, yang dihadirkannya beberapa bulan belakangan ini.

Namun kembali ke permasalahan, ponsel atau smartphone lah yang menjadi peran utama ketergantungan akan import dari brand luar.

Hingga saat ini memang belum ada smartphone Indonesia yang menandingi kedigdayaan brand dari luar.

Meskipun Advan sendiri juga memproduksi berbagai macam series smartphone tapi nyatanya malah perusahaan berpindah haluan lebih fokus kepada penjualan elektronik seperti laptop, dan PC.

“Karena sekarang teknologi sudah seperti komoditas. Semua ingin terhubung. Itu sebabnya Advan juga ingin bikin laptop yang sesuai kebutuhan konsumen Indonesia.” Kata Chandra Tansri, CEO Advan, yang dikutip dari Sindonews.

Ditambah, Head of Electronics at Tokopedia Rr Arum Saratika menilai, produk Advan banyak dicari dan dibeli oleh user online di marketplace. “Merek Advan sudah dikenal di smartphone, dan punya peluang besar di kategori laptop PC.”

Maka dari itu memang hingga saat ini Advan lebih berfokus menjual produk di platform e-commerce, smartphone pun juga termasuk tapi apabila melihat data dari salah satu e-commerce, Shopee penjualan smartphone Advan bisa dibilang belum memuaskan.

Kita lihat dari debat capres yang dilakukan di waktu kelima atau yang terakhir ini, diharapkan kepada siapapun Presiden yang terpilih, bisa menjadikan Indonesia sebagai salah satu penghasil smartphone mumpuni dan bisa bersaing dengan brand luar negeri.

Baca juga : Advan Sabet 2 kategori Di Selular Editor’s Choice 2023

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU