Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Housing Kamera Bundar, Tren Elegan Pada Smartphone Premium

BACA JUGA

Selular.ID – Kamera smartphone memegang peranan penting saat konsumen membeli smartphone baru. Tidak hanya mengenai kemampuan kameranya semata, namun desain pada housing kamera saat ini juga ternyata menjadi salah satu hal yang turut diperhatikan oleh banyak pengguna.

Disadari atau tidak, desain housing kamera dengan bentuk bulat dan besar saat ini seakan menjadi tren yang mulai diadopsi banyak smartphone premium. Jika sebelumnya tren kamera berbentuk boba (bubble-bubble) sempat populer, kini para smartphone khususnya kelas flagship mulai berganti tren dengan membawa model housing kamera yang terlihat lebih elegan.

Jika berkaca pada filosofi kamera, lensa kamera DSLR profesional umumnya memiliki bentuk bundar sehingga terlihat lebih ikonik dan menghadirkan kesan mewah saat digunakan.

Namun Kali ini kita tidak membahas tentang lensa kamera profesional, melainkan tentang kamera desain bundar di sebuah smartphone.

Sejak sekitar dua dekade telah berlalu dan kita telah memasuki era dimana smartphone menempati separuh kehidupan manusia.

Setiap smartphone, pada bagian kamera adalah menjadi bumbu wajib setiap orang dalam pemilihan smartphone.

Oleh karena itu, kamera kini hadir di semua segmen smartphone, mulai dari smartphone termurah hingga premium, meski kualitasnya berbeda-beda.

Setiap segmen smartphone mempunyai bagian kamera, namun ada hal unik bahwa bentuk dan desain penempatan kamera menentukan kelas dari smartphone tersebut.

Dari desain kamera persegi hingga kamera desain bundar, lalu penempatan kamera juga menentukan baik di belakang kanan atau kiri casing, hingga penempatan kamera dibagian tengah atas, setiap vendor nampaknya memiliki lini produk seperti itu.

Hanya saja kalau dilihat secara kasat mata, desain kamera bundar ukuran besar dan penempatannya di bagian tengah atas adalah posisi yang enak dilihat.

Bukan hanya enak dilihat, tapi desain kamera bundar besar seperti itu lebih sering diadopsi oleh smartphone kelas premium.

Sebut saja seperti, Oppo Find X7 Ultra, Vivo X100, Huawei Mate 60 Pro, Xiaomi 13 Ultra. Itu semua adalah smartphone kelas kakap yang hadir di masa kini, dan tentunya dibanderol dengan harga yang tidak murah. Ini semua adalah ponsel pintar terbaik yang tersedia saat ini, Itu bukan lelucon.

Desain housing bundar berukuran besar di bagian tengah smartphone diklaim memiliki banyak keunggulan dibandingkan lainnya, seperti kesan yang baik dalam bidang fotografi, kesan desain yang estetik, dan kemampuan beradaptasi dengan teknologi kamera smartphone yang saat ini semakin canggih dan kadang membutuhkan alokasi ruang yang lebih.

Seiring berkembangnya zaman, dan teknologi akan terus menerus berubah, nampaknya ciri khas tersebut akan kembali di patahkan oleh realme.

Maksudnya ialah, setelah beberapa hari lalu umumkan akan menghadirkan smartphone terbarunya yaitu realme 12 Series 5G di Indonesia. Smartphone ini akan membawa desain serupa dengan menghadirkan housing kamera bulat besar di bagian belakang, yang secara penampakannya bahkan lebih elegan dibandingkan dengan smartphone premium yang telah disebutkan di atas.

Realme 12 Pro+ 5G
Realme 12 Pro+ 5G

Bukan tanpa alasan, karena pada smartphone ini realme turut menempatkan aksen metalik di bagian sekitar housing kameranya, dan juga terlihat dari gambar yang dirilis, realme juga memberikan aksen permainan cahaya yang membuat housing kameranya tampil lebih elegan.

Seperti yang kita tahu, realme Number Series sendiri merupakan lini smartphone yang mengisi segmen menengah. Maka kini desain premium seperti ini tidak lagi hanya ditemukan di kelas premium, namun juga dapat dimiliki di segmen kelas menengah dengan harga yang lebih terjangkau.

Untuk menghadirkan desain ini, realme juga nampaknya tidak main-main. Di generasi sebelumnya realme menggandeng fashion desainer Matteo Menotto yang berpengalaman menghadirkan fashion untuk brand ternama dunia, kini di realme 12 Series 5G menggandeng pengrajin jam tangan mewah, yaitu Ollivier Saveo.

Sebelum desain smartphone realme 12 Series 5G terkuak, muncul terlebih dahulu bocoran dari berbagai macam sumber di media sosial. Dan benar saja, smartphone ini menjadi perhatian dan berhasil mendapatkan respon positif sejak pertama kali kemunculannya.

Tidak hanya tampil premium di sisi desain, smartphone ini juga akan membawa teknologi kamera yang luar biasa di segmennya. realme 12 Series 5G pada varian realme 12 Pro+ 5G akan menjadi yang pertama di segmennya, yang menghadirkan teknologi lensa telefoto periskop. Teknologi diklaim realme akan membawa pengalaman fotografi yang baru dan lebih baik bagi untuk menjangkau lebih banyak pengguna. Beberapa hasil foto dari smartphone ini juga sudah banyak tersebar di internet.

Tapi, pembaca harus di mohon bersabar, karena smartphone terbaru dari realme ini akan diluncurkan secara resmi melalui realme 12 Series 5G “Be a Portrait Master” Launch Event pada tanggal 29 Februari 2024 pukul 14.00 WIB.

Anda bisa jadi saksi sejarah peluncuran resmi realme 12 Series 5G karena dapat disaksikan secara online melalui tautan berikut.

Baca Juga: Realme 12 Pro+ 5G: Kamera Periskop yang Menandingi Flagship

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU