Senin, 15 April 2024
Selular.ID -

Apple Didenda Triliunan Rupiah Gara-gara Spotify

BACA JUGA

Selular.ID – Apple mungkin akan didenda €500 juta atau setara Rp8,4 triliun oleh Komisi Eropa, ungkap The Financial Times.

Menurut laporan tersebut, perusahaan Amerika itu bertanggung jawab karena sengaja mendorong Apple Music di App Store demi membiaskan platform musik lain seperti Spotify.

Keluhan dari platform streaming audio Swedia ini dimulai pada tahun 2019 ketika Spotify mengeluhkan bahwa Apple Music sebagai platform tidak membayar royalti kepada perusahaan induknya dan tidak menghadapi kondisi seberat layanan pihak ketiga.

Apple kemudian berusaha menolak tuduhan tersebut dan memberikan bantahan, yang kedengarannya tidak terlalu meyakinkan.

UE awalnya ingin mendenda Apple hingga 10% dari omset global, yang berarti sekitar $40 miliar dan akan mengguncang dunia teknologi.

Masalah utamanya adalah Spotify harus membayar pajak Apple, yaitu 30% dari semua transaksi (dalam hal ini, biayanya $3 per setiap $10 langganan Premium).

Meskipun Cupertino mengatakan ini hanya untuk tahun pertama langganan, dan kemudian pangsanya turun menjadi 15%, hal ini tidak memengaruhi pelanggan kembali yang berhenti berlangganan dan mendaftar lagi di tahap selanjutnya.

Apple juga mengklaim Spotify tidak akan sukses jika bukan karena aplikasi “gratis” di App Store, yang tidak gratis bagi para pengembang – mereka masih harus membayar biaya untuk menggunakan akun pengembang.

Konflik ini juga menjadi alasan utama Spotify belum meluncurkan pembelian dalam aplikasi.

Pengguna di Eropa mungkin akan menjadi yang pertama merasakan fitur baru ini jika Apple mematuhi DMA (Digital Markets Act), namun hal ini merupakan sebuah tantangan terbuka lainnya di mana kedua perusahaan sedang berkonflik.

Baca Juga: Headset VR Apple Laris Manis, Tetapi Tidak Ada Aplikasi Netflix, YouTube, Instagram dan Spotify

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU