Selular.ID – Mungkin ini saat yang tepat untuk memeriksa kembali pengaturan akun media sosial Anda.
Jika Anda aktif di Facebook atau Instagram, Anda mungkin memperhatikan petunjuk tentang pengaturan yang disebut “link history” atau “riwayat tautan”.
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melacak semua tautan yang mereka kunjungi melalui browser dalam aplikasi Facebook dan Instagram.
Menurut Meta, fitur ini memungkinkan pengguna memastikan mereka “tidak pernah kehilangan” tautan.
Sehingga pengguna bisa “kembali dengan mudah ke tautan terbaru yang dikunjungi dengan aktivitas penjelajahan Facebook Anda sekarang disimpan di satu tempat,” pemberitahuan dalam aplikasi tentang fitur tersebut berbunyi.
Namun, seperti yang ditunjukkan Gizmodo, fitur ini juga memberi Meta cara mudah untuk meningkatkan periklanan bertargetnya, yang terpukul setelah aksi keras Apple terhadap pelacakan aplikasi.
“Perlu diingat bahwa ketika riwayat tautan aktif, kami bisa menggunakan informasi riwayat tautan dari Browser Seluler Facebook untuk meningkatkan iklan Anda di seluruh teknologi Meta,” perusahaan mencatat dalam artikel dukungan.
Baca Juga: Cara Bayar Iklan Facebook dan Instagram Via Transfer Bank Lokal
Instagram memiliki fitur serupa, yang mengawasi tautan yang dikunjungi pengguna melalui browser aplikasi.
Meskipun tampaknya banyak pengguna yang baru mengetahui pengaturannya, juru bicara Meta mengonfirmasi bahwa fitur tersebut mulai diluncurkan musim panas lalu.
Meskipun riwayat tautan tidak diaktifkan secara default, ini adalah jenis pengaturan yang dapat dipilih oleh banyak orang tanpa banyak berpikir, terutama karena perusahaan memasarkannya sebagai cara untuk menghindari “kehilangan” tautan.
Hal ini memicu kekhawatiran di antara beberapa pendukung privasi yang khawatir Meta menggunakan cara yang semakin licik untuk mengumpulkan data tentang aktivitas online pengguna.
Namun, kabar baiknya adalah pengguna bisa dengan mudah memeriksa ulang apakah riwayat tautan diaktifkan, dan memilih untuk tidak ikut serta jika kalian mengaktifkannya.
Di Facebook, pengguna perlu membuka tautan dari dalam aplikasi dan mengetuk menu “garis tiga” untuk membuka “pengaturan” lalu menuju “browser” dalam aplikasi. Kemudian, cari tombol “riwayat tautan”.
Jika aktif, Anda harus mematikannya, lalu mengonfirmasi melalui pop-up bahwa Anda ingin menonaktifkannya.
Prosesnya di Instagram hampir sama: Buka pengaturan browser dalam aplikasi, cari “riwayat tautan” dan konfirmasikan pilihan Anda.
Baca Juga: Tanpa Iklan, Facebook dan Instagram Berbayar Mulai Tersedia di Eropa
Sebagai catatan, meskipun kedua aplikasi akan segera menghapus riwayat tautan Anda dari aplikasi masing-masing, Meta mengatakan diperlukan waktu hingga 90 hari “untuk menyelesaikan proses penghapusan”.
Ini berarti aktivitas penjelajahan Anda sebelumnya masih dapat berperan dalam iklan bertarget Anda selama beberapa minggu setelah Anda menonaktifkan pelacakan tautan.
Tentu saja, perusahaan masih memiliki banyak cara lain untuk melacak aktivitas online Anda, jadi memilih keluar dari riwayat tautan saja tidak akan cukup untuk mengambil kembali kendali penuh atas data Anda.
Namun, para pembenci privasi yang tinggal di Uni Eropa mempunyai pilihan lain, meskipun pilihan tersebut mungkin kurang menarik.
Meta baru-baru ini mulai menawarkan kemampuan bagi penggunanya di Eropa untuk tidak ikut serta dalam iklan Facebook dan Instagram sepenuhnya, dengan imbalan biaya bulanan yang lumayan besar.
Baca Juga: Mark Zuckerberg: WhatsApp Akan Sediakan Katalog Belanja dan Iklan Facebook