Beranda News E-Commerce Mark Zuckerberg: WhatsApp Akan Sediakan Katalog Belanja dan Iklan Facebook

Mark Zuckerberg: WhatsApp Akan Sediakan Katalog Belanja dan Iklan Facebook

-

Jakarta, Selular.ID – Kelak, WhatsApp akan menambahkan opsi untuk membuat iklan Facebook langsung dari katalog di WhatsApp Business. Pilihan ini akan memungkinkan pelaku UMKM untuk mempromosikan produk atau layanan yang mereka tawarkan, kemudian mempublikasikan iklan tersebut di Facebook.

Hal itu diungkapkan Mark Zuckerberg pada pengumuman pendapatan kuartal pertama Facebook pekan lalu. Mark menyampaikan update seputar perpesanan bisnis, berbisnis di WhatsApp, dan iklan Facebook yang dapat terhubung dengan akun WhatsApp Business.

Menurut Mark, bagi banyak orang di berbagai belahan dunia, bisnis daring seringkali bergantung pada perpesanan. Orang-orang berharap dapat dilayani atau bahkan bertransaksi langsung melalui chat. Pemilik UMKM pun ingin dapat menampilkan produk mereka dan menerima pesanan langsung dari percakapan dengan pelanggan.

Mark menyampaikan, saat ini ada lebih dari 100 juta pesan WhatsApp terkirim setiap harinya dari bisnis-bisnis yang menggunakan layanan WhatsApp Business API.

Mark berpendapat, banyak orang suka menggunakan WhatsApp sebagai sarana berkomunikasi dengan suatu bisnis, dan Facebook terus berupaya untuk menghadirkan lebih banyak fitur yang dapat membuat pengalaman berkomunikasi mereka lebih baik lagi.

Bisnis di WhatsApp

Facebook mengumumkan fitur Keranjang di WhatsApp tahun lalu agar pengguna dapat melihat produk yang tersedia dari katalog, memilih produk yang diinginkan, dan langsung mengirimkannya dalam bentuk sebuah pesan kepada pemilik bisnis. Hanya dalam beberapa bulan, Mark mengklaim fitur ini menjadi salah satu fitur terfavorit bagi para pengguna yang berbelanja melalui WhatsApp.

Iklan yang terhubung ke akun WhatsApp

Banyak pelaku UMKM di seluruh dunia berjualan di Facebook, menurut Mark, menjadikan Instagram adalah “etalase” mereka, sedangkan WhatsApp adalah tempat di mana mereka berkomunikasi, menjawab pertanyaan pelanggan, dan bertransaksi. Seiring bertambahnya jumlah bisnis dan pelanggan yang berkomunikasi secara digital selama masa pandemi, menawarkan sarana daring agar bisnis dapat menjangkau pelanggan baru dan mengembangkan bisnis mereka menjadi prioritas perusahaan.

“Walaupun fokus kami di WhatsApp adalah pada perpesanan bisnis, kami tahu betapa pentingnya peran iklan bagi UMKM. Inilah mengapa dalam beberapa tahun terakhir kami mulai menawarkan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk beriklan di Facebook dan Instagram, yang kemudian dapat dihubungkan ke akun WhatsApp mereka. Dengan demikian, pelanggan mereka dapat memulai obrolan hanya dengan satu klik,” ujar Mark.

Ke depannya, Facebook pun ingin semakin menyederhanakan cara beriklan. Perusahaan akan menambahkan opsi untuk membuat iklan Facebook langsung dari katalog di WhatsApp Business. Menurutnya, opsi ini akan sangat berguna bagi para pelaku usaha, memudahkan mereka untuk ditemukan dan menjangkau pelanggan baru, serta mengembangkan usaha mereka.

Artikel Terbaru