Selasa, 5 Maret 2024
Selular.ID -

Xiaomi 14 Ultra Smartphone Pertama Xiaomi Dengan Sensor Sidik Jari Ultrasonik

BACA JUGA

Selular.ID – Xiaomi dikabarkan akan segera beralih ke sensor sidik jari ultrasonik untuk perangkat mereka ke depan. Laporan yang dibagikan tipster Digital Chat Station (DSC) menyebutkan bahwa perusahaan sedang mengerjakan uji pada sensor sidik jari ultrasonik satu titik.

Meskipun penggunaannya pada perangkat Xiaomi yang akan datang masih belum pasti, perangkat ultra-flagship Xiaomi mendatang kemungkinan besar akan menggunakan teknologi ini.

Dan besar kemungkinan, Xiaomi 14 Ultra akan menjadi perangkat Xiaomi pertama yang memulai peralihan teknologi sidik jari ini.

Sejarah Xiaomi dengan teknologi sidik jari ultrasonik dimulai pada tahun 2016 ketika mereka memperkenalkan teknologi ini pada Xiaomi 5s. Meskipun terdengar menjanjikan, teknologi ini menghadapi tantangan karena masih dalam tahap awal pengembangan.

Namun, teknologi yang masih dalam tahap awal pengembangan saat itu pun akhirnya menimbulkan polemik.

Sejak saat itu, opsi teknologi sidik jari optik di bawah layar terus digunakan Xiaomi pada perangkatnya, termasuk ponsel kelas atas mereka.

DCS telah membagikan rumor terkait detail kamera untuk Xiaomi 14 Ultra, perangkat flagship berikutnya setelah Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro.

Baca Juga:Tak Pakai Prosesor Terbaru, Xiaomi Mix Flip Bakal Pakai Snapdragon 8 Gen 2

Seperti biasa, Xiaomi diperkirakan akan menyediakan beberapa inovasi kamera untuk ponsel Ultra berikutnya.

Menurut keterangan DCS yang dibagikan di Weibo, Xiaomi 14 Ultra secara visual, tampilan Xiaomi 14 Ultra akan terlihat datar sempurna, namun saat digenggam pengguna akan merasakan sensasi layar melengkung halus.

Xiaomi 14 Ultra disebutkan bakal menampilkan layar datar dengan kaca sedikit melengkung, menciptakan pengalaman sentuhan yang baik.

Xiaomi 14 Ultra akan dibekali kamera dan layar yang canggih AMOLED 6,67 inci dengan refresh rate 144 Hz. Modul utamanya dilengkapi sensor gambar Sony LYT900 inci.

Ini adalah versi baru Sony IMX989 dengan lensa Leica Summilux f/1.42-4.0 di kamera Xiaomi 14 Ultra.

Sensor tersebut merupakan versi baru dari Sony IMX989 yang dipakai di kamera Xiaomi 13 Ultra. Kamera utama Xiaomi 14 Ultra akan memiliki resolusi 200 MP dengan kamera depan 32 MP.

Di samping itu, Xiaomi 14 Ultra akan diperkuat chipset Snapdragon 8 Gen 3 seperti Xiaomi 14 series yang sudah dipasarkan.

Perlu dicatat, Xiaomi 14 Pro tidak memakai sensor tersebut karena lensa aperture variabelnya.

Namun ke depannya Xiaomi siap memasang memasangkan sensor Sony LYT900 dengan lensa Leica Summilux (f/1.42-4.0) di kamera utama Xiaomi 14 Ultra.

Untuk desainnya, Xiaomi 14 Ultra diisukan mengusung bodi yang rata. Namun saat dipegang dengan tangan, pengguna akan merasakan layar jenis lengkung atau curved.

Selain dibekali oleh Chipset Snapdragon 8 Gen 3, ponsel ini juga sudah menggunakan sistem operasi terbaru, yakni HyperOS.

Baca Juga:Dua Minggu dirilis Xiaomi 14 Terjual 1 Juta Unit

Sekadar informasi, Xiaomi lebih dulu melempar varian Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro di China pada akhir Oktober kemarin. Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro juga akan tetap eksklusif di China hingga awal tahun 2024. Sementara Xiaomi 14 Ultra diperkirakan belum akan dirilis sampai awal tahun depan,

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU