Selasa, 23 Juli 2024
Selular.ID -

Selular Editor’s Choice 2023: Best Smartphone Brand for Youth

BACA JUGA

Selular.ID – Usia muda mendominasi penduduk Indonesia saat ini. Wajar bila brand menyasar kalangan ini dalam menawarkan produk dan jasanya, tidak terkecuali brand smartphone.

Tercatat selama tahun 2023, seluruh brand smartphone memiliki produk khusus yang ditujukan ke generasi milenial dan Gen Z. Namun ada empat brand yang menonjol.

Menurut pantauan tim Selular, keempat brand smartphone ini mengeluarkan produk yang dirancang khususu untuk kawula muda di hampir semua lininya.

Berikut daftar empat brand smartphone yang masuk dalam kategori Selular Editor’s Choice 2023: Best Smartphone Brand for Youth

  • Infinix
  • Poco
  • Realme
  • Tecno

Infinix

Perlahan tapi pasti Infinix berhasil memenangkan hati konsumen di seluruh dunia. Sejak kehadirannya 2013 silam, baru tahun ini brand berhasil masuk dalam jajaran Top 5 vendor smartphone dunia, termasuk di Indonesia.

Dari sejumlah laporan analis pasar, Transsion Group yang terdiri dari tiga brand smartphone (Infinix, Tecno, itel) mengalami peningkatan pengiriman smartphone signifikan, di saat vendor lain mengalami penurunan.

Aktivitas pemasaran yang agresif serta banyaknya pilihan smartphone terjangkau diduga menjadi alasan mengapa vendor yang satu ini berhasil mencuat di mata konsumen.

Di Indonesia, Infinix mempunyai lima seri yang mempunyai keunggulan berbeda. Ada seri flagship Zero, lalu seri entry level ada Smart, Hot, dan Note. Serta yang terbaru seri gaming GT 10 Pro.

Belum lama ini brand merilis Infinix Zero 30, model terbaru dari seri flagship Zero yang memboyong kamera depan 50MP yang mendukung perekaman video beresolusi 2K. Juga, brand meluncurkan gaming khusus perdananya, Infinix GT 10 Pro.

Poco

Fokus dalam menggarap pasar muda khususnya ponsel gaming, Poco berhasil mengukir namanya sebagai brand ponsel gaming terjangkau. Selama 2023, deretan ponsel Poco yang berhasil memikat konsumen Indonesia antara lain Poco C40, Poco M5, Poco X5 5G, dan Poco X5 Pro 5G.

Pada Poco C40 ponsel mengusung ‘baterai badak’ 6000mAh dan layar paling besar di kelasnya seluas 6,71 inci. Kemudian ada Poco M5 yang ditenagai oleh prosesor 6nm dan sudah dibekali NFC buat berbagai kemudahan transaksi, salah satunya top up e-money langsung dari hape.

Poco X5 5G berani ngasih layar AMOLED DotDisplay 6,67 inci dengan refresh rate 120Hz yang bisa menjamin pengalaman gaming maupun browsing yang super-smooth. Dan ada Poco X5 Pro 5G yang merupakan seri X pertama yang mengusung kamera 108MP dan ditopang chipset Snapdragon 778G, yang berkecepatan hingga 2.4GHz.

Realme

Sesuai dengan misi utama realme untuk menghadirkan produk terbaik bagi anak muda, realme memahami dan berhasil memenuhi kebutuhan para anak muda. Tuntutan yang beragam dari para pengguna juga terus memacu realme untuk menghadirkan inovasi terbaik di setiap produknya.

realme juga terus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, dengan mendirikan realme Global Institute of Leap-forward Technology yang berfokus pada teknologi terobosan di empat bidang utama: fotografi, layar, gaming, dan pengisian daya.

Khusus di Indonesia, pada tahun ini realme telah berhasil meluncurkan jajaran smartphone Champion C Series (realme C55, realme C53, dan realme C51) yang terdepan di kelasnya, juga realme 11 Series (realme 11 Pro+ 5G, realme 11 Pro 5G, dan realme 11) yang tampil inovatif dengan gebrakan di berbagai bidang, seperti desain dan kamera serta berhasil mendapatkan penerimaan yang positif dari para pengguna.

Deretan ponsel yang kerap menjadi incaran konsumen adalah realme 10 Pro Series 5G dan realme C33 dan realme C51 dengan banderol hanya Rp1 jutaan.

Ke depannya, perusahaan mengikrarkan tahun 2024 akan menjadi tahun inovasi kamera smartphone realme, yang dilanjutkan ke sektor layar, gaming, dan pengisian daya. Strategi ini juga akan mulai diterapkan dalam waktu dekat ke semua lini produk smartphone realme meliputi GT, Number, hingga C series.

Tecno

Tecno menggebrak pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan ponsel lipat Phantom V Flip di akhir November 2023 dengan harga cuma setengah dari banderol ponsel flip lain yang ada di pasaran.

Berkat banderol menggiurkan, brand Tecno berhasil mencuri perhatian terutama kalangan muda FOMO (fear of missing out) yang khawatir ketinggalan tren terkini.

Bukan ponsel flip saja, Tecno juga telah menggelontorkan sejumlah ponsel yang menjadi favorit generasi Z berkat harganya yang sangat ramah di dompet.

Mulai dari jajaran Spark 10 series yang menawarkan smartphone NFC dengan harga 1 jutaan, kemudian ada seri Pova 5 yang menyuguhkan smartphone 5G super terjangkau, dan ada Camon 20 series bagi pengguna yang mencari ponsel kamera ciamik.

Selular Editor’s Choice 2023: Best Smartphone Brand for Youth

“Sesuai tagline yang dibangun, realme berhasil menjadi Brand Favoritnya Anak Muda. Berkat produk-produk berkualitas dengan harga ‘teman’, realme hasil menorehkan pengiriman 200 juta unit ponsel secara global.”

Editor In Chief, Uday Rayana

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU