Selasa, 23 Juli 2024
Selular.ID -

Selular Editor’s Choice 2023: Best Camera for Flagship Smartphone

BACA JUGA

Selular.ID – Komponen kamera masih menjadi nilai jual utama sebuah smartphone. Tak ayal, para produsen terus berlomba-lomba melakukan inovasi di sektor pencitraan.

Seluruh flagship dari tiap brand smartphone terpantau menawarkan kamera ciamik. Mulai dari resolusi tinggi, optik zoom besar, sensor canggih, serta software terbaru dengan segudang filter.

Berikut empat ponsel yang rilis di Indonesia selama 2023 yang mempunyai hasil kamera paling menawan. empat ponsel yang masuk dalam kategori Selular Editor’s Choice 2023: Best Camera for Flagship Smartphone adalah:

  • iPhone 15 Pro Max
  • Oppo Find N3
  • Samsung Galaxy S23 Ultra
  • Sharp Aquos R8s Pro

iPhone 15 Pro Max

Selain fitur baru Dynamic Island dan port pengisian USB-C, Apple iPhone 15 Series membawa sejumlah peningkatan signifikan dalam hal kamera, termasuk iPhone 15 Pro Max.

Apple telah menambahkan sentuhan baru yang menarik pada kamera iPhone 15 Pro Max yakni zoom optic mencapai 5x zoom optik. Setuhan tersebut berupa teknologi kamera terbaru yang mereka namai dengan tetraprisma.

tetraprisma pada dasarnya adalah periskop atau cara untuk membelokkan cahaya beberapa kali melalui kaca. Akan tetapi teknologi ini sangat sensitif. Guncangan sedikit saja bisa menyebabkan gambar menjadi goyah dan tidak fokus jika.

Sensor pada kamera zoom optik 5x dapat bergerak hingga 10.000 kali per detik di beberapa bidang untuk menangkal pergerakan pengguna. Hasilnya adalah hasil jepretan yang diperbesar dan masih relatif tajam.

IPhone 15 Pro Max adalah satu-satunya iPhone baru yang mendukung zoom optik 5x. Apple mengatakan itu setara dengan lensa 120mm yang digunakan pada kamera full-frame. Adiknya iPhone 15 Pro hanya menawarkan zoom optik 3x melalui lensa telefoto.

Oppo Find N3

Oppo Find N3 menjadi ponsel lipat dengan kamera paling menawan. Menggunakan kamera Hasselblad, perangkat dibekali tiga kamera belakang masing-masing memiliki resolusi 48 MP (f/1.7, OIS), 64 MP (f/2.0, periskop telefoto, 3x optical zoom, Prism OIS), dan 48 MP (f/2.2) ultrawide dengan bidang pandang 115 derajat.

Kamera utamanya resolusi 48 MP didukung sensor Sony LYTIA-T808 dan kamera ultrawide 48 MP, terbesar di antara smartphone lipat lainnya.

Kamera telefotonya juga tak kalah unggul dengan sensor yang diklaim 178 persen lebih besar dibanding kompetitor. Kamera ini menawarkan zoom optik 3x dan losless zoom sampai 6x.

Kamera Oppo Find N3 juga dilengkapi dengan mode Hasselblad Portrait untuk memberikan efek bokeh yang menarik dengan detail gambar yang tajam dengan bokeh yang mulus.

Berkat sejumlah spesifikasi kamera di atas, Oppo Find N3 dinilai merupakan pilihan yang tepat untuk foto mobile. Bukan hanya itu, kamera Oppo Find N3 juga dinilai memadai untuk merekam video. Sebab, ketiga kamera belakang smartphone ini menawarkan perekaman video kualitas 4K pada 60 fps.

Samsung Galaxy S23 Ultra

Varian tertinggi Samsung ini menawarkan kualitas kamera dengan resolusi mencapai 200MP yang bahkan bisa untuk membuat film.

Pada lensanya terdapat sensor Isocell HP2 dengan ukuran piksel 0,6 mikrometer yang bisa menghasilkan gambar super detail dengan kemampuan pixel binning terbaru bernama Tetra2pixel.

Tetra2pixel mampu membuat kamera bisa mensimulasikan ukuran piksel secara berbeda sehingga menghasilkan tangkapan cahaya bagus. Selain itu, pembaruan memungkinkan kamera untuk memproduksi gambar secara maksimal terutama pada kondisi low light.

Ponsel dibekali lensa quad camera yang terdiri dari 200MP wide, 12MP ultrawide, 10MP periscope telephoto dengan kemampuan 4 sampai 3x optical zoom, serta 10MP telephoto dengan 10x optical zoom.

Sementara untuk kamera depannya, Samsung menghadirkan resolusi 40MP untuk menghasilkan tangkapan gambar jernih.

Kecanggihan yang ditawarkan meliputi mode astrophoto pada Expert RAW dalam mengambil gambar bintang. Selain itu, ada juga Astro Hyperlapse untuk memotret jejak cahaya bintang di langit.

Sharp Aquos R8s Pro

Menyusul Aquos R7S yang rilis pertengahan tahun, Sharp menghadirkan Aquos R8S Pro di Indonesia akhir tahun 2023 ini. Sebagai ponsel flagship, Sharp menggandeng Leica dalam mengembangkan sektor kamera dan lensanya.

Aquos R8S Pro punya resolusi 47MP dengan sensor besar bertipe 1 inch, yang terbesar di kamera ponsel saat ini dan lensa yang unik yaitu super wide angle 19mm dengan bukaan f/1.9 yang besar.

Kualitas gambarnya sangat bagus dan tajam. Warna primer seperti merah, kuning, biru ditangkap dengan akurat dan realistik. Kamera ini cocok untuk merekam pemandangan, arsitektur, sampai group photos berkualitas tinggi.

Pengguna bisa mengedit foto sendiri ada manual mode dan bisa foto RAW dan Hi-Res mode 47MP. Kamera ini juga mendukung perekaman video berkualitas tinggi 4k dengan codec. h.265 sampai 60p.

Selular Editor’s Choice 2023: Best Camera for Flagship Smartphone

“Kolaborasi Sharp dan Leica menghadirkan sensor 1 inci dengan resolusi 47MP ditemani depth sensor 1,9 MP dan spectrum sensor 14ch bisa menghasilkan foto dengan warna lebih akurat. Kualitas foto maupun video dapat terjaga di berbagai kondisi, termasuk kondisi cahaya yang gelap.”

Editor In Chief, Uday Rayana

Baca Juga: Selular Editor Choice’s 2023, Best Smartphone 2023 Harga Rp1 Jutaan

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU