Sabtu, 2 Maret 2024
Selular.ID -

Penyebab Apple Hentikan Pengembangan Modem 5G

BACA JUGA

Selular.ID – Sebelumnya Apple merencanakan bakal menggunakan modem 5G buatannya sendiri pada tahun 2026, langkah ini kini tampaknya tidak akan terwujud. Setelah berjuang untuk mengembangkan modem 5G internalnya, tampaknya Apple menghadapi kendala yang sulit.

Setelah beberapa percobaan yang tidak berhasil dalam meningkatkan kualitas cip modem 5G kustomnya.

Sumber rantai pasokan yang terhubung dengan divisi modem 5G Apple mengeklaim bahwa upaya perusahaan untuk menghasilkan modem sendiri telah gagal.

Apple kini sedang menghentikan investasinya yang telah berlangsung selama bertahun-tahun dalam proyek tersebut.

Awalnya, Apple berencana untuk merancang modem internal dengan merekrut ribuan insinyur dan mengakuisisi sebagian besar bisnis modem ponsel pintar Intel pada 2019, tetapi upaya ini mengalami hambatan.

Peluncuran cip modem yang dijadwalkan pada musim gugur 2023 dilaporkan mengalami penundaan hingga akhir 2025 atau awal 2026.

Baca Juga:Apple Hentikan Pengembangan Modem 5G Karena Ada Masalah Serius

Ini berarti semua perangkat Apple saat ini dan masa mendatang akan tetap menggunakan modem Qualcomm. Pergeseran ke modem 5G buatan Apple, yang awalnya diantisipasi pada tahun 2026, sekarang menjadi tidak mungkin.

Situasi ini menandakan perubahan besar dalam strategi pengembangan teknologi jaringan 5G untuk perusahaan teknologi terkemuka ini.

Meskipun belum ada kejelasan mengenai alasan di balik keputusan ini, banyak spekulasi mulai muncul di kalangan pengamat industri.

Sebelumnya, Apple telah menghadapi sejumlah kesulitan dalam mengembangkan modem 5G mereka.

Pada tahun 2019, perusahaan tersebut terlibat dalam konflik hukum terkait pelanggaran hak paten teknologi 5G Qualcomm.

Masalah ini diperkirakan menjadi salah satu faktor yang mungkin memengaruhi keputusan Apple untuk menghentikan pengembangan modem 5G.

Meskipun pernah berseteru, Apple dan Qualcomm tetap menjalin kerjasama bisnis.
Pada September tahun ini, Apple memperpanjang kontrak dengan Qualcomm hingga tahun 2026 untuk penggunaan modem 5G di perangkat mereka.

Baca Juga:Apple Chip M2 Pro Mulai Diproduksi Massal Tahun Ini

Hingga saat ini, Apple belum memberikan pernyataan resmi mengenai kabar ini, meninggalkan banyak orang dalam antisipasi terkait perkembangan selanjutnya.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU