Sabtu, 2 Maret 2024
Selular.ID -

Daftar Miliarder Teratas Israel, Mark Zukberberg Disalip Miriam Adelson

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Tiga puluh orang Israel terdaftar dalam daftar miliarder Forbes 2022. Mereka termasuk pengusaha teknologi, raja pelayaran, dan seorang produser Hollywood yang terlibat dalam persidangan korupsi PM Israel Benjamin Netanyahu.

Orang Israel dengan peringkat tertinggi adalah Miriam Adelson. Ia terdaftar sebagai orang terkaya ke-50 di dunia. Perempuan berambut putih ini memiliki kekayaan berish yang mentereng, mencapai $27,5 miliar.

Adelson berasal dari Israel, namun Forbes menempatkannya di AS dalam peringkat tahunannya, karena ia memegang kewarganegaraan Amerika dan tinggal di Las Vegas.

Adelson memulai debutnya dalam daftar pada 2021 setelah suaminya, raja kasino Sheldon Adelson, meninggal pada awal tahun. Dia adalah donor besar untuk Partai Republik dan penerbit Israel Hayom.

Miriam Adelson mewarisi sebagian besar kekayaan mendiang suaminya dan menjadi miliarder baru terkaya di dunia tahun lalu, menempati urutan ke-24 dalam daftar Forbest. Namun dia kehilangan sekitar $360 juta pada tahun lalu.

Eyal Ofer, kepala Ofer Global Holdings, adalah orang terkaya di Israel dalam daftar tersebut, berada di peringkat 117 dengan kekayaan $15,4 miliar yang berasal dari aset di industri real estate dan pelayaran.

Saudaranya, Idan Ofer, adalah orang Israel terkaya berikutnya, di peringkat 188 dengan kekayaan $10,5 miliar dari sektor pelayaran dan energi.

Keduanya adalah putra taipan pelayaran Israel Sammy Ofer, yang pernah menjadi orang terkaya di Israel.

Saudara Dmitri dan Igor Bukhman, pemilik perusahaan game Playrix, berada di peringkat 275 dengan kekayaan $8,1 miliar.

Arnon Milchan, seorang produser film Hollywood Israel dan saksi kunci dalam persidangan Netanayahu, adalah orang terkaya ke-851 dengan kekayaan $3,5 miliar.

Adam Neumann, pendiri dan mantan CEO WeWork, menduduki peringkat 2.076 dengan $1,4 miliar. Dia mengundurkan diri dari WeWork pada tahun 2019 setelah upaya IPO perusahaan yang membawa bencana, yang sebagian disebabkan oleh manajemennya.

Meski dipaksa lengser dari jabatannya, Neumann tetap tajir, karena ia memiliki kekayaan $4,1 miliar.

Baca Juga: Dampak Perang Hamas Israel Membebani Perusahaan-Perusahaan Teknologi

Roman Abramovich, seorang Rusia yang memegang kewarganegaraan Israel dan disebut-sebut sebagai orang Israel terkaya, berada di peringkat 350 dengan perkiraan kekayaan bersih $6,9 miliar, turun dari $14,5 miliar tahun lalu. Dia termasuk di antara 83 orang Rusia dalam daftar.

Forbes mengatakan 34 orang Rusia keluar dari daftar miliarder setelah invasi Rusia ke Ukraina, penurunan terbesar dibandingkan negara mana pun kecuali Tiongkok, yang kehilangan 87 miliarder karena tindakan keras pemerintah terhadap teknologi.

Diketahui, Abramovich telah dijatuhi sanksi oleh Uni Eropa dan Inggris, namun tidak oleh Amerika Serikat.

Orang terkaya di dunia adalah Elon Musk, pendiri Tesla dan SpaceX, dengan $219 miliar, diikuti oleh Jeff Bezos dari Amazon, dengan $171 miliar.

Raksasa teknologi Amerika Bill Gates, Larry Page, Sergey Brin, Larry Ellison dan Steve Ballmer, serta investor Amerika Warren Buffet, juga masuk dalam 10 besar.

Mantan walikota New York City yang beragama Yahudi, Michael Bloomberg, berada di peringkat ke-12, dengan kekayaan $82 miliar, dan Mark Zuckerberg dari Facebook di peringkat ke-15 dengan kekayaan $67 miliar, turun tajam dari tahun sebelumnya.

Mantan presiden AS Donald Trump berada di peringkat 1.012 dengan $3 miliar.

Josh Kushner, saudara laki-laki Jared Kushner, menjadi keluarga pertama dalam daftar dengan kekayaan bersih $2 miliar dari investasi modal ventura.

Ada 2.668 miliarder di dunia, 87 lebih sedikit dibandingkan tahun lalu, dengan total kekayaan $12,7 triliun, kata Forbes.

Sebanyak 236 miliarder baru ditambahkan ke dalam daftar, termasuk bintang pop Rihanna dan sutradara Peter Jackson, dan 329 orang keluar dari daftar.

Amerika Serikat merupakan negara dengan jumlah peserta terbanyak, yaitu 735 orang, disusul Tiongkok dengan 607 orang.

Francoise Bettencourt Meyers dari Prancis, pewaris perusahaan kecantikan L’Oreal, adalah wanita terkaya di dunia, bersama keluarganya berada di peringkat ke-14, bersama 327 wanita lainnya dalam daftar tersebut.

Wanita terkaya yang berasal dari usaha sendiri adalah Fan Hongwei dari Tiongkok, yang mengepalai perusahaan pemasok bahan kimia Hengli Petrochemical. Hongwei berada di posisi ke-88 dengan kekayaan sebesar $18,2 miliar.

Menurut Forbes, miliarder dunia secara keseluruhan kehilangan $400 miliar dolar pada 2021. Jatuhnya pasar selama setahun terakhir, terutama akibat pandemi covid-19, menciptakan riak dalam peringkat miliarder Yahudi dunia.

Mark Zuckerberg yang menduduki peringkat pertama pada tahun 2020 kehilangan sebagian besar kekayaannya dan kini berada di peringkat ketujuh.

Berkebalikan dengan pendiri Meta itu, Larry Ellison (Oracle), Michael Dell (Dell Computer), dan duet pendiri Google (Sergei Brin dan Larry Page) semua kekayaan mereka tumbuh secara signifikan.

Baca Juga: Gubernur Bank Sentral Inggris Sebut Konflik Israel-Hamas Persulit Upaya Menekan Laju Inflasi

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU