Selasa, 28 November 2023
Selular.ID -

Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q3-2023: Perangkat 5G Tumbuh 54%

BACA JUGA

Selular.ID – Pasar smartphone Indonesia akhirnya pulih pada kuartal ketiga 2023 setelah mengalami penurunan selama delapan kuartal berturut-turut.

Pada periode Juli-September pasar kini tumbuh sebesar 8,8% year-over-year (YoY) dengan penurunan minimal quarter-over-quarter (QoQ) sebesar 0,9%, menjadi 8,9 juta unit menurut IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker.

Tiga bulan terakhir ini, para vendor bersaing secara agresif di hampir semua segmen harga, yang difasilitasi oleh perluasan ritel dan pemotongan harga.

Top 5 vendor smartphone di Indonesia periode Juli-September 2023 menurut IDC adalah:

  • Oppo (20,1%)
  • Samsung (16,3%)
  • Transsion (15,6%)
  • Xiaomi (14,7%)
  • Vivo (14,4%)

OPPO

OPPO kembali meraih peringkat pertama setelah sebelumnya tergeser, dengan berbagai rilis model baru yang mendorong pertumbuhan di berbagai segmen harga.

Infinix, Tecno, dan iTel yang tergabung dalam Transsion Group naik ke posisi ketiga karena mendominasi segmen <US$200 dengan sub-mereknya Infinix dan iTel.

Sementara Xiaomi mendapatkan kembali pijakannya dan tumbuh secara signifikan YoY setelah kesulitan dengan persediaan di masa lalu.

Baca Juga: Top 5 Vendor Smartphone Global Q2-2023, Pasar Turun 11%

Smartphone 5G

Setelah mengalami penurunan pada kuartal lalu, pengiriman smartphone 5G bangkit kembali dan tumbuh sebesar 54% YoY, mencapai pangsa tertinggi sepanjang masa karena menyumbang 19,2% dari total ponsel pintar di Indonesia pada 3Q23.

Pasar masih dipimpin oleh Samsung dengan portofolio 5G-nya yang luas, namun OPPO juga semakin banyak merilis 5G pada 3Q23.

“Kami mulai melihat jalan menuju pemulihan dengan rebound di 3Q23 ini. Namun, dengan laporan konsumsi yang lambat, vendor harus terus berhati-hati dalam menyusun strategi langkah mereka untuk mencegah persediaan berlebihan di saluran mereka,” kata Vanessa Aurelia, Associate Market Analyst di IDC Indonesia.

“Pengiriman smartphone sepanjang tahun 2023 diperkirakan akan tetap lebih rendah, atau paling banter, tetap jika dibandingkan dengan tahun 2022,” tambah Vanessa.

Baca Juga: Vivo Terdepak dari Top 5 Vendor Smartphone Dunia Q2-2023

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU