Selasa, 21 Mei 2024
Selular.ID -

Menurut Analis, iPhone 16 Bakal Pukul Rata Pakai Chipset 3nm

BACA JUGA

Selular.ID – Menurut analis baru-baru ini mengungkapkan kemungkinan besar bagi iPhone 16 series yang akan datang bakal pakai chipset bermanufaktur 3 nanometer.

Ini dari Wccftech, analis Haitong Securities Jeff Pu yang menyatakan bahwa keempat model iPhone 2024 baru akan ditenagai oleh chip A18 Pro yang sama yang akan diproduksi oleh TSMC menggunakan node proses N3E 3nm generasi kedua.

Jika benar, hal ini akan membalikkan perubahan yang dilakukan Apple mengingat pada tahun lalu, untuk pertama kalinya, Apple tidak melengkapi semua model iPhone yang dirilis dalam satu tahun dengan chipset yang sama (tidak termasuk rilis iPhone SE).

IPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max dibekali 4nm A16 Bionic yang membawa 16 miliar transistor. IPhone 14 dan iPhone 14 Plus ditenagai oleh 5nm A15 Bionic yang tahun sebelumnya digunakan pada keempat model seri iPhone 13 setiap chip memiliki 15 miliar transistor di dalamnya.

Tahun ini, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max menjadi satu-satunya ponsel di dunia yang menampilkan chipset yang diproduksi menggunakan node proses 3nm, yaitu chipset Bionic A17 Pro memiliki 19 miliar transistor.

Sedangkan untuk dua series terendah, IPhone 15 dan iPhone 15 Plus keduanya memiliki prosesor aplikasi Pro (AP) tahun lalu, A16 Bionic.

Jadi, chipset A18 Pro tahun depan akan diproduksi oleh TSMC menggunakan node proses 3nm generasi kedua yang disebut N3E dan memungkinkan TSMC untuk meningkatkan tingkat hasil pada produksi 3nm.

Hasil adalah persentase cetakan yang berhasil melewati pengendalian kualitas dibandingkan dengan jumlah total cetakan yang mungkin dapat dibuat pada satu wafer silikon.

Biasanya, perusahaan yang mengajukan desain sebuah chip, dalam hal ini Apple, akan bertanggung jawab atas cacat tersebut.

Namun, mengingat perusahaan yang berlogo apel kegigit ini menjadi pelanggan terbesar TSMC, jadi memungkinkan Apple menandatangani kesepakatan untuk tahun ini yang membuat TSMC bertanggung jawab secara finansial atas chip yang tidak dapat digunakan. Kesepakatan ini tidak akan diperluas ke node proses N3E.

Dibandingkan dengan node proses N3B saat ini yang digunakan oleh TSMC untuk membuat A17 Pro, proses generasi kedua akan menghasilkan efisiensi daya yang lebih besar untuk lini iPhone 16.

Baca juga: Nyatanya, iPhone 15 Series Belum Bisa Gantikan Kepopuleran iPhone 14 Series

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU