Rabu, 30 Juli 2025
Selular.ID -

Kuasai Pasar Smartphone Layar Lipat, Samsung Bersaing Ketat dengan Huawei

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Dengan peluncuran produk lipat barunya pada April, Mate X3, Huawei melampaui Samsung untuk menjadi merek terbesar di pasar ponsel pintar layar lipat dengan pangsa pasar 32,9% pada kuartal kedua 2023.

Pengiriman smartphone lipat meningkat dari 1Q23 sebesar 8,7%. Selain itu, dibandingkan dengan 2Q22, total pengiriman juga tumbuh sebesar 18,5%. Pasalnya, perusahaan China telah meningkatkan volume produksi produk smartphone layar lipat.

Pangsa Samsung di pasar ponsel lipat terus menurun karena menghentikan produksi lini produk lipatnya saat ini sebelum meluncurkan produk baru pada 3Q23.

Namun, meski pangsa Samsung di pasar ponsel lipat telah menurun menjadi 26,7%, Samsung masih menjadi pemain ponsel lipat terbesar secara global.

Sementara itu, pangsa merek Tiongkok di pasar ponsel pintar yang dapat dilipat telah tumbuh hingga lebih dari 70% karena peningkatan yang terus-menerus serta peningkatan rencana produksi.

Huawei adalah produsen terbesar di antara merek-merek Tiongkok dan juga merupakan merek terbesar kedua secara global dengan pangsa pasar lebih dari 22%.

Baca Juga: Sejumlah Kekurangan Ponsel Lipat, Jadi PR Para Vendor Smartphone

OPPO menempati peringkat ketiga secara global dengan pangsa pasar 16,7%, sementara vivo berada di peringkat keempat dengan pangsa pasar 14,3%.

Pada April 2023, Huawei meluncurkan ponsel pintar lipat Mate X3 di Tiongkok. Mate X3 merupakan smartphone lipat generasi kelima Huawei sejak merilis Huawei Mate X pada 2019.

Sebagai merek premium di pasar lokal, Huawei memimpin pasar ponsel lipat di antara merek Tiongkok. Pada kuartal kedua tahun 2023, Huawei mengirimkan sekitar 409.000 ponsel pintar yang dapat dilipat, dan Mate X3 mencatat sekitar 309.000 pengiriman – mewakili 76% dari pengiriman ponsel pintar lipat Huawei.

Melihat pengiriman ponsel pintar lipat berdasarkan berbagai jenis, ponsel pintar tipe lipat Huawei mencatat sekitar 361.000 pengiriman, atau mencakup 88,3% dari total pengiriman ponsel pintar lipatnya.

Di sisi lain, dengan penghentian produksi seri Pocket lipat Huawei, pengiriman ponsel pintar lipat tipe flip menjadi sangat sedikit.

Berkat kesuksesan peluncuran Mate X3, Huawei menguasai 39,8% pangsa pasar ponsel pintar lipat tipe lipat pada 2Q23, menjadi merek pertama yang mengungguli Samsung di segmen produk ini.

Faktor kunci yang berkontribusi terhadap hal ini adalah perbedaan siklus peluncuran produk baru. Samsung biasanya merilis seri smartphone lipat barunya pada akhir Juli; dibandingkan kuartal sebelumnya, pengiriman biasanya paling kecil pada kuartal sebelum peluncuran produk baru. Pada 2Q23, Samsung mengirimkan sekitar 151.000 smartphone lipat tipe lipat, menguasai 17% pasar.

Namun jika dilihat dari total pengiriman smartphone lipat, Samsung masih menjadi merek terbesar dengan mengirimkan sekitar 477.000 unit.

Produk Samsung tipe flip menjadi kontributor utama dominasinya, menyumbang sekitar 326.000 pengiriman dan menyumbang 68% dari total pengiriman ponsel pintar lipatnya.

Selain itu, Samsung masih memimpin pengapalan smartphone tipe flip dengan pangsa pasar 35%. Dengan peluncuran Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 pada Juli 2023, Samsung kemungkinan akan mendapatkan kembali posisi terdepan di pasar ponsel pintar lipat pada 2H23.

Baca Juga: Ponsel Lipat Begitu Diminati, Simak Keunggulannya

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU