Sabtu, 18 Mei 2024
Selular.ID -

Pelopor Teknologi Smartphone yang Masih Diadopsi Hingga Kini

BACA JUGA

Selular.ID – Inilah beberapa pelopor fitur teknologi yang terdapat pada smartphone hingga saat ini masih terus di adopsi oleh produsen smartphone hingga masa kini.

Smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, dan perkembangannya terus menakjubkan.

Beberapa produsen telah menjadi pelopor dalam mengintegrasikan teknologi revolusioner ke dalam perangkat mereka.

Berikut adalah beberapa perusahaan dan teknologi canggih yang mereka perkenalkan, yang masih menjadi standar di industri smartphone hingga saat ini.

1. Samsung: Layar AMOLED

Salah satu inovasi paling mencolok yang diperkenalkan oleh Samsung adalah teknologi layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diodes).

Layar ini menggunakan materi organik yang mampu menghasilkan cahaya sendiri, sehingga memungkinkan kontras yang lebih tajam, warna yang lebih hidup, dan konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan dengan teknologi layar tradisional.

Dengan keunggulannya ini, teknologi layar AMOLED masih menjadi andalan di sebagian besar smartphone modern.

Samsung Display adalah penyumbang utama dengan mengirimkan lebih banyak permintaan panel AMOLED yang terus meningkat pada smartphone.

Menurut IHS Markit, Samsung Display tercatat sebagai produsen terbesar, di mana pada data 2019 kabarnya telah mengalami penjualan sebesar 9,2 triliun won.

Serta Samsung diklaim telah merintis penggunaan layar OLED pada ponselnya dengan model SGH-X120 yang telah rilis awal tahun 2004.

Namun untuk smartphone pertama yang menggunakan layar AMOLED adalah Nokia N85 yang rilis pada bulan Agustus 2008, diikuti Samsung i7110 yang rilis selang 2 bulan kemudian.

2. LG: Kamera Ultra Lebar

LG memimpin tren kamera ultra lebar dengan mengintegrasikan lensa sudut pandang super lebar dalam perangkat mereka.

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih luas, sempurna untuk pemandangan atau foto kelompok besar.

Keunggulan ini telah menjadi standar dalam desain kamera smartphone dan terus diadopsi oleh banyak produsen lainnya.

3. Nokia: Pengisian Daya Nirkabel

Nokia adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang memperkenalkan teknologi pengisian daya nirkabel. Dengan menghilangkan kabel pengisi daya konvensional, Nokia membuka jalan bagi kenyamanan pengisian daya yang lebih cepat dan tanpa ribet.

Teknologi atau fitur ini hadir di tahun 2012, di mana memang Nokia lah yang menjadi pertama dengan menghadirkan Lumia 920.

Hingga saat ini, pengisian daya nirkabel telah menjadi yang memang belum diadopsi banyak oleh smartphone tapi, kehadiran serasa wajib bagi smartphone kelas atas masa kini.

4. Apple: Penghapusan Jack Headphone

Apple selalu dikenal sebagai pelopor dalam memperkenalkan perubahan besar dalam desain smartphone.

Salah satu contoh terbaik adalah keputusan untuk menghapus jack headphone tradisional. Penghilangan port kabel headphone jack tepat dirilis iPhone 7 yang hadir di tahun 2016.

Meskipun kontroversial pada awalnya, langkah ini memicu tren menuju konektivitas nirkabel dan memungkinkan pengembangan teknologi audio yang lebih canggih.

Melalui inovasi-inovasi berani ini, perusahaan-perusahaan di atas telah mempengaruhi arah perkembangan teknologi smartphone secara signifikan.

Teknologi yang mereka perkenalkan terus menjadi standar industri dan membentuk cara kita berinteraksi dengan perangkat canggih ini.

Dengan terus mendorong batas-batas inovasi, masa depan smartphone terlihat semakin menjanjikan.

Baca juga : Fitur Baru Dashcam Bikin Smartphone Pixel Jadi Kamera Dasbor

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU