Minggu, 21 April 2024

Ericsson Soroti Wawasan 5G Sebagai Pilar Penting Bagi Pengembangan 6G

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – CTO Ericsson untuk Asia Pasifik Magnus Ewerbring, menegaskan bahwa pengetahuan yang diperoleh dalam penerapan jaringan 5G gelombang kedua akan lebih mempersiapkan industri untuk beralih ke 6G pada akhir dekade ini.

Berbicara dalam sesi yang didedikasikan untuk 6G di ajang GSMA M360 APAC, Seoul (7/9/2023), Ewerbring menyoroti bahwa penerapan teknologi 5G masih dalam tahap awal, meskipun penggunaan teknologi tersebut merupakan yang tercepat di industri selular saat ini.

Total penetrasi 5G berada di bawah 15 persen dan cakupannya kurang dari 35 persen, dengan dua pertiga wilayah dunia masih tercakup, tambahnya.

Ewerbring mencatat sebagian besar operator belum menerapkan 5G mandiri secara komersial, yang berarti pemotongan jaringan tidak tersedia.

Agregasi operator masih perlu diperkenalkan di sebagian besar pasar, katanya, mengutip Korea Selatan yang merupakan negara pengguna awal 5G karena hanya menggunakan 3,5GHz.

“Ada banyak hal yang harus dilakukan dan saat kami melakukannya, kami akan memonetisasi 5G.”

Ewerbring menambahkan pengalaman yang diperoleh industri ini di tahun-tahun mendatang akan membantunya “meningkatkan keunggulannya dalam 6G”, karena mereka memperoleh wawasan tentang cara merancang dan membangun jaringan.

Ericsson sendiri dalam beberapa tahun terakhir, terus berupaya mengembangkan teknologi 6G. Vendor asal Swedia itu, akan menginvestasikan jutaan pound dalam penelitian selular 6G di Inggris.

Dalam keterangan resmi pada Selasa (22/11/2022), Ericsson menyebutkan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan universitas dalam keamanan perangkat keras, AI dan jaringan kognitif serta komputasi kuantum.

Ericsson yang memasok peralatan 5G ke keempat jaringan selular Inggris, mengatakan inisiatif 10 tahun ini akan membantu mendorong pengembangan jaringan 6G generasi berikutnya, yang diharapkan tersedia secara komersial sekitar 2030.

CEO Ericsson Inggris dan Irlandia, Katherine Ainley mengatakan bahwa universitas-universitas Inggris melakukan penelitian yang mengalahkan dunia dalam beberapa teknologi yang akan mendukung jaringan selular generasi berikutnya.

Baca Juga: Ericsson Pamerkan Teknologi 5G Terbarunya, Prediksi Ada 1,5 Miliar Pengguna

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU