Sabtu, 22 Juni 2024
Selular.ID -

Menkominfo Budi Arie Janji Proyek BTS 4G di Daerah 3T Selesai Tahun Ini

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi memastikan penyelesaian proyek pembangunan menara BTS 4G di daerah tertinggal, terdepan dan terluar atau 3T.

Budi menegaskan jika proyek pembangunan menara BTS 4G akan tuntas pada akhir tahun 2023.

“Oh sudah tenang, progres jalan terus, akhir tahun selesai,” ujar Budi Arie Setiadi di Jakarta, Rabu (8/8/2023).

Sebelumnya, Budi Arie memastikan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk mengawal kasus tersebut.

TONTON JUGA:

Dia mengatakan upaya ini Kominfo lakukan untuk menentukan langkah lanjutan dalam percepatan pembangunan dan menghindari celah korupsi ke depannya.

Baca juga: Kominfo Mengakui Beban BHP Frekuensi Terlalu Berat Bagi Operator Seluler

“Kita terus melakukan identifikasi masalah koordinasi dengan pihak-pihak terkait,” kata Budi.

“Kita Senin akan berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung untuk melakukan pengawalan.”

“Karena proses hukum biarkan tetapi program BTS ini harus terus berjalan karena ini soal hak rakyat memperoleh signal bandwith untuk rakyat,” sambungnya.

Proses Hukum

Menkominfo sebelumnya, Johnny G Plate menjadi tersangka dalam kasus korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) BTS 4G.

Akibat perbuatannya, tersangka JGP melanggar Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Seperti Selular beritakan sebelumnya dalam perkara ini Kejagung telah menetapkan 7 orang tersangka.

Antara lain, Johnny G Plate (JGP) (mantan) Menteri Komunikasi dan Informatika, Anang Achmad Latif (AAL) selaku Direktur Utama Bakti Kementerian Kominfo.

Lalu Galumbang Menak S (GMS) selaku Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia, dan Yohan Suryato (YS) selaku Tenaga Ahli Human Development Universitas Indonesia (Hudev UI) Tahun 2020.

Kemudian, Irwan Hermawan (IH) selaku Komisaris PT Solitech Media Sinergy dan Mukti Ali (MA) selaku Account Director PT Huawei Tech Investment.

Terakhir adalah tersangka WP (orang kepercayaan tersangka Irwan Hermawan selaku Komisaris PT Solitech Media Sinergy).

Adapun kerugian negara atas kasus korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan Infrastruktur paket 1,2,3,4 dan 5 BAKTI Kominfo mencapai Rp8,03 triliun.

Baca juga: Profil Patrick Walujo Calon Bos Baru GOTO, Kiprah dan Investasinya Gak Kaleng-kaleng

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU

Realme GT 6 Ada Versi Murahnya!