Selasa, 21 Mei 2024
Selular.ID -

Vodafone dan Three Merger, Ciptakan Operator Terbesar di Inggris

BACA JUGA

Selular.ID – Operator Inggris ketiga dan keempat berdasarkan pangsa pasar hari ini mengumumkan niat mereka untuk bergabung.

Kita berbicara tentang Vodafone dan Three.

Perusahaan gabungan ini akan melampaui EE (No.1 saat ini) dan O2 (No.2), menciptakan operator terbesar di negara itu sekaligus menurunkan persaingan, karena jika dulu ada empat, selanjutnya hanya akan ada tiga.

Sebagai bagian dari kesepakatan yang diusulkan, Vodafone akan memiliki 51% dari bisnis gabungan dan CK Hutchinson Group Telecom Holdings (pemilik merek Three) akan memiliki 49%.

Baca Juga: Google Digugat Rp373 Triliun di Inggris dan Belanda

Dengan penggabungan ini, hal-hal luar biasa dijanjikan ke pelanggan.

Padahal, dengan berkurangnya penyedia telekomunikasi, artinya persaingan di pasar juga akan benar-benar berkurang.

“Jutaan pelanggan Vodafone UK dan Three UK akan menikmati pengalaman jaringan yang lebih baik dengan cakupan dan keandalan yang lebih luas tanpa biaya tambahan, termasuk melalui penawaran fleksibel tertentu, bebas kontrak tanpa kenaikan harga tahunan, dan tarif sosial,” siaran pers bersama negara bagian.

Bisnis gabungan ini untuk sementara disebut MergeCo, dan ini diperkirakan akan menjangkau 99% populasi Inggris Raya dengan jaringan mandiri 5G-nya, “memberikan kepada pelanggan peningkatan kecepatan data rata-rata hingga enam kali lipat pada tahun 2034”.

Baca Juga: Inggris Blokir TikTok di Ponsel Pegawai Pemerintah

MergeCo akan menginvestasikan £11 miliar di Inggris selama sepuluh tahun, dan dengan memiliki “jaringan 5G terbaik di kelasnya lebih cepat”, “merger akan menghasilkan hingga £5 miliar per tahun dalam manfaat ekonomi pada tahun 2030”.

Setiap sekolah dan rumah sakit di Inggris Raya dijanjikan memiliki akses ke 5G mandiri pada tahun 2030, sesuai nilainya.

Juga pada tahun 2030, MergeCo akan menawarkan akses nirkabel tidak bergerak ke 82% rumah tangga.

CEO Vodafone Inggris saat ini Ahmed Essam akan menjadi CEO MergeCo, dan Tiga CFO Inggris saat ini Darren Purkis akan mengambil peran sebagai CFO MergeCo.

Transaksi ini diperkirakan akan ditutup pada akhir tahun depan, sambil menunggu persetujuan peraturan dan pemegang saham, yang sebelumnya dapat menyeret banyak hal secara signifikan.

Baca Juga: Berpotensi Mendominasi, Inggris Hadang Microsoft Akuisisi Activision

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU