Selular.ID – Popularitas tren live shopping atau berbelanja dan berjualan melalui fitur live streaming yang terus meningkat dan menunjukan potensi besar, menjadikan tren ini disebut sebagai masa depan e-commerce.
Tidak hanya menjadi hiburan, interaksi real-time menjadi daya tarik utama dan meningkatkan keterlibatan proaktif saat berbelanja online. Membahas lebih lanjut mengenai hal tersebut.
Berdasarkan laporan Populix “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” menyebutkan perilaku dan sikap pengguna terhadap live streaming ketika berinteraksi dan berbelanja dapat memaksimalkan strategi dan mempelajari hambatan yang ada.
Timothy Astandu, Co-Founder dan CEO Populix, menjelaskan, berbagai konten atraktif, kreatif dan interaksi yang proaktif menjadi keunggulan dari tren Live Shopping melalui fitur streaming.
Selain itu, promo menarik yang diberikan juga semakin meningkatkan daya beli masyarakat untuk berbelanja secara real-time.
Para pelaku usaha pun juga merasakan dampak positif, sehingga untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas, terdapat berbagai hal yang mereka harus didalami untuk mempelajari pergerakan perilaku konsumen saat berbelanja online khususnya melalui fitur live streaming.
Baca Juga:Masyarakat Tinggalkan Belanja Online Usai Pandemi? Simak Dahulu Surveinya
“Tidak heran saat ini sebagian besar pemain e-commerce di Indonesia mengembangkan fitur ini. Sehingga kami ingin mengerucut terhadap tren itu sendiri, apakah posisi platform pada market e-commerce saat ini mempengaruhi preferensi konsumen terhadap fitur live streaming yang dihadirkan dari masing-masing pemain”, ungkap Timothy Astandu.
Platform Live Streaming Terpopuler
Berdasarkan survei yang dilakukan pada 506 laki-laki dan perempuan berumur 17-45 tahun pada bulan Mei 2023, mengungkapkan 69% responden mengatakan Shopee Live merupakan fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, jauh melampaui para pesaingnya.
TikTok Live (25%), Tokopedia Play (4%) dan LazLive (2%). Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60% responden, jauh melampaui TikTok Live (30%), LazLive (4%) dan Tokopedia Play (2%).
“Hal ini sejalan dengan hasil riset kami, di mana Shopee Live memiliki pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi dan pangsa pasar nilai transaksi tertinggi, dibandingkan para pesaingnya,” ungkap Timothy
Gaya Belanja Masyarakat selama Live Streaming
Sama seperti aktivitas berbelanja lainnya yang dipengaruhi oleh tahapan perjalanan, live shopping memiliki faktor-faktor yang mendasari preferensi pilihan konsumen saat berbelanja.
Dua dari banyak elemen yang dianggap penting antara lain penawaran menarik yang tergabung dari gratis ongkir, diskon serta promo spesial dan kelengkapan kategori beserta pilihan produk yang luas.
Live Shopping dengan Kategori Terlengkap
Kelengkapan kategori menjadi faktor penting yang diperhatikan konsumen saat melakukan live shopping.
Kelebihan live shopping yang dapat melihat dan bertanya secara langsung melalui video, mempengaruhi keputusan konsumen saat berbelanja untuk kategori tertentu.
Tidak dapat dipungkiri, bahwa hal ini juga berjalan beriringan dengan peluang yang dilahirkan oleh kemajuan teknologi.
Dimana saat ini, konten kreatif yang meliputi review, haul hingga rekomendasi produk dapat ditemui dimana saja, salah satunya melalui fitur live streaming.
Konten-konten ini memang cenderung lebih banyak pada dua area kategori ini. Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori Fashion & Kecantikan.
Dalam meneliti fitur streaming untuk aktivitas live shopping, riset ini menggunakan 3 elemen untuk mendalami faktor kelengkapan kategori.
Selain koleksi kategori yang lengkap, pilihan produk yang bervariasi juga mengambil peran khususnya untuk memenuhi setiap preferensi konsumen yang berbeda-beda.
Pada survey ini, Shopee Live menduduki posisi terdepan dimana 74% responden memilih sebagai fitur live streaming yang menawarkan rangkaian produk yang paling lengkap dan paling variatif, jauh di atas para pesaingnya, yakni TikTok Live (20%), Tokopedia Play (10%) dan LazLive (9%).
Live Shopping Paling Menarik
Faktor pertimbangan lainnya bergerak seputar penawaran menarik, dimana elemen ini memang terus menjadi daya tarik utama untuk berbelanja dengan cara apapun, baik offline, online hingga live shopping.
Hal ini karena sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masih mengacu terhadap pencarian promosi atau penawaran menarik.
Promo-promo yang paling menarik menurut masyarakat adalah gratis ongkir (91%), diskon (87%), cashback (65%), voucher belanja (47%), special bundle (34%), dan exclusive product launch (20%).
Hal ini perlu diperhatikan oleh seluruh e-commerce platform yang menawarkan fitur live streaming untuk dapat memberikan pelayanan dan keuntungan bagi masyarakat supaya trend belanja ini dapat menjadi kebiasaan baru serta menambah pilihan kanal belanja bagi masyarakat.
Akan tetapi, melihat tren live shopping yang baru saja masuk ke tahap awal perkembangan dan potensi besar yang masih banyak untuk ditawarkan kedepannya menjadikan peta persaingan ini semakin menarik untuk diperhatikan.
Baca Juga:Populix: 72% Menggunakan Internet Untuk Berbelanja Via Smartphone
Metodologi Survei:
● Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2023.
● Survei dilakukan secara online melalui aplikasi Populix terhadap total 506 responden laki-laki dan perempuan muslim berusia 17-45 tahun di Indonesia.
● Durasi pengerjaan survei sekitar 15 menit.