Rabu, 19 Juni 2024
Selular.ID -

Muhammad Danny Buldansyah, Curhat Soal 5G ke Kominfo

BACA JUGA

Selular.ID – Menanti kehadiran 5G di Indonesia membuat Muhammad Danny Buldansyah, Direktur & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, curhat ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada saat diskusi panel di Selular Award ke-20, Park Regis Arion, Jakarta Selatan. (26/6)

Danny menyampaikan average atau rata-rata penggunaan internet 1GB per bulan, sekarang 20GB per bulan, dengan affordability meningkat tapi tidak banyak. Artinya value of spectrum yang menghasilkan atau memanifacture GB itu, valuenya menjadi sangat-sangat turun.

Hal ini dikarenakan membutuhkan spektrum sebesar-besarnya untuk surf atau berselancar di internet. Selain itu diperkirakan 10 tahun lagi kita membutuhkan internet sebanyak 400GB, maka dari itu 5G akan sangat membutuhkan bandwidth.

Ia juga menyinggung akan ada banyaknya aplikasi yang sangat tinggi membutuhkan bandwidth. “Saya berharap pemerintah bisa melihat ini, saya yakin pemerintah sudah mempertimbangkan hal ini bahwa harga spektrum itu tidak akan sama per MHz dengan 10 tahun yang lalu atau yang exsisting sekarang,” jelas Danny.

Menurutnya juga, suksesnya 5G itu tergantung dengan bagaimana cost benefit rationya, dan ekosistem sangat diperlukan untuk di luar spektrum, seperti DNA device, network dan aplikasinya.

Baca juga : Head To Head Indosat Ooredoo Hutchison vs XL Axiata 2022

Banyak hal yang diingatkan oleh Danny untuk diperhatikan seperti menyediakan usecast yang dibutuhkan oleh masyarakat, bukan hanya diinginkan masyarakat, lalu kesiapan device, jaringannya juga harus siap dengan support spektrum, kemudian juga aplikasi-aplikasinya.

“Kami (IOH) selalu memonitor, memantau hal tersebut untuk melihat waktu yang tepat untuk menggelar 5G secara masif. Kita harus melihat di Indonesia sendiri bagaimana perkembangannya secara ekosistem di mana yang paling tepat,” tutup Danny.

Adapun dari pihak Kominfo mengatakan jaringan 5G ada kemungkinan siap di akhir bulan Desember 2023.

Baca juga : Program ASO Kominfo Dianggap Tidak Efektif Karena Hal Ini

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU