Selular.ID – Dalam menghadapi persaingan yang ketat di ruang perbankan digital, inovasi mobile banking telah menjadi strategi utama bagi para penyedia layanan.
Menerapkan ide-ide perbankan yang segar dan inovatif kini menjadi kebutuhan kompetitif untuk memperoleh dan mempertahankan nasabah yang lebih muda, mempercepat inklusi keuangan, dan membuka pasar global baru.
Meningkatnya keberadaan ponsel dan tren konsumen yang muncul di dunia pasca-pandemi telah mengubah beberapa fitur mobile banking yang inovatif menjadi peluang yang mudah untuk memacu pertumbuhan dengan mengurangi cost per acquisition (CPA) atau biaya per akuisisi.
Pandemi Covid-19 mendorong transisi global ke gaya hidup digital. Menjadikan layanan perbankan nirsentuh sebagai andalan pembayaran dan memotivasi lebih banyak pengguna untuk menggunakan layanan digital guna mengelola anggaran pribadi, pembelian kartu hadiah, dan investasi ritel, banyak yang baru pertama kali dalam hidup pengguna.
Kemudahan, kecepatan, dan jangkauan fitur mobile banking, kini membuat layanan perbankan online lebih dari sekadar alat keuangan pribadi – melainkan peluang platform gaya hidup yang dapat diandalkan pengguna untuk banyak layanan yang biasanya tidak ditawarkan oleh bank.
Baca Juga: Siapa Penguasa e-Wallet, Mobile Banking, dan Digital Banking di Indonesia?
Oleh karena itu, untuk tetap menjadi yang terdepan, penyedia layanan mobile banking harus semakin berupaya mengintegrasikan fitur-fitur inovatif yang relevan yang sesuai dengan model bisnis mereka dan preferensi konsumen yang muncul ini.
Tak dapat dipungkiri, penambahan fitur mobile banking yang inovatif meroketkan keunggulan kompetitif penyedia layanan ini.
Dengan ledakan penggunaan ponsel dan transaksi dompet selular, menawarkan fitur-fitur inovatif membantu menangkap segmen pelanggan dan memperluas pendapatan bisnis.
Dilansir dari laman reloadly.com, berikut adalah beberapa fitur terbaik yang tersedia saat ini yang dapat diintegrasikan dengan mudah dan cepat pada platform perbankan digital.
Enhanced Payment (Pembayaran yang Ditingkatkan)
Layanan pembayaran sangat penting untuk mobile banking, dan inovasi yang meningkatkan pembayaran juga meningkatkan pengalaman pelanggan.
Beberapa inovasi yang telah meningkatkan pembayaran saat ini meliputi:
- Pembayaran P2P: Pembayaran peer-to-peer (P2P) memungkinkan transaksi antar pengguna langsung dari akun atau kartu kredit mereka. Ketika permintaan pembayaran dibuat oleh pengirim ke alamat penerima, seringkali permintaan tersebut segera dieksekusi. Pembayaran P2P secara signifikan meningkatkan pengalaman pelanggan, terutama jika mudah digunakan, aman, dan instan.
- Pembayaran suara: Dengan meningkatnya penggunaan asisten suara seperti Siri dan Alexa, pembayaran suara menjadi fitur perbankan inovatif yang menarik. Dengan pembayaran suara, pengguna dapat memesan asisten digital untuk melakukan pembayaran dengan perintah suara. Penggunaan pembayaran suara sedang dalam tren naik, dengan 31% orang Amerika telah mengadopsi pembayaran suara pada 2022.
Penganggaran dan Perencanaan
Layanan mobile banking dapat menawarkan fitur penganggaran dan perencanaan untuk membantu pengguna mengoptimalkan uang mereka, menghemat lebih banyak, dan menjadwalkan pembayaran.
Dengan fitur penganggaran sederhana, pengguna dapat merencanakan pengeluaran untuk jangka waktu tertentu, mengkategorikan pengeluaran bulanan mereka dan mengotomatiskan penghematan, biasanya dengan membulatkan pembelian dan menyetorkan sisanya ke dalam akun.
Dengan cara ini, pengguna memiliki pandangan yang jelas tentang pengeluaran mereka, serta kemampuan untuk mengotomatiskan penghematan melalui fitur yang sangat mudah dipahami.
Selain itu, beberapa fitur dapat memungkinkan pembayaran sesuai anggaran dijalankan secara otomatis pada waktu yang dipilih, mengotomatiskan pembayaran yang dianggarkan untuk pengguna.
Baca Juga: Semakin Populer, Simak Kelebihan Vs Kelemahan Layanan Mobile Banking
Manajemen Investasi
Layanan mobile banking juga dapat mencakup layanan investasi sebagai penawaran bernilai tambah. Fitur ini semakin umum dengan munculnya investasi ritel yang terlihat selama pandemi.
Dengan investasi dalam aset seperti saham, exchange-traded fund (ETF), mata uang kripto, dan real estat yang sekarang dapat diakses dengan mudah oleh banyak orang, ide perbankan inovatif yang populer untuk banyak pasar dapat dengan mudah diaktifkan untuk memungkinkan pembelian dan pengelolaan investasi secara real-time.
Chatbot pelanggan 24/7
Agen layanan pelanggan yang dapat diakses, terutama sebagai chatbot dan asisten virtual, merupakan fitur penting bagi pelanggan karena dua alasan.
Pertama, mereka dapat diakses kapan saja sepanjang hari (24/7).
Kedua, mereka sangat membantu dalam membimbing pelanggan melalui pemahaman fitur baru atau dasar.
Chatbot didukung oleh kecerdasan buatan yang mensimulasikan interaksi manusia. Mereka dapat menanggapi pertanyaan pelanggan secara real time, melacak masalah pelanggan yang berulang, dan menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi.
Selain itu, chatbot dapat meningkatkan pengalaman percakapan/pelanggan, melayani lebih banyak orang dalam berbagai bahasa, menyediakan analitik dan pelaporan terperinci, dan banyak lagi.
Dengan chatbot yang semakin canggih, menawarkan rekomendasi dan saran keuangan, meluncurkan fitur ini bisa menjadi cara mudah untuk mengurangi churn.
Pulsa dan Bundling Layanan Data
Banyak layanan mobile banking menawarkan pulsa dan paket data kepada pelanggan, tetapi seringkali hanya memungkinkan mereka melakukan pembelian untuk diri mereka sendiri atau orang lain pada satu waktu, dan dengan batas transaksi yang rendah.
Namun, penyedia layanan perbankan seluler dapat menawarkan lebih banyak fleksibilitas dengan paket data dan pulsa.
Airtime dan bundel data memiliki banyak kasus penggunaan: sebagai uang, untuk pengiriman uang, sebagai hadiah dan insentif, sebagai bantuan untuk pembayaran bencana dan banyak lagi.
Kasus penggunaan layanan pulsa dan bundel data ini menjadikannya jenis fitur mobile banking yang relevan dan diminati, terutama karena semakin banyak penyedia layanan yang terus menawarkan layanan pulsa massal dan bundel data untuk memenuhi kebutuhan ini.
Terlebih lagi, bisnis dapat dengan mudah mengintegrasikan layanan airtime massal hanya dalam beberapa jam atau hari, menghadirkan layanan yang berharga dan dapat diskalakan ke pasar dengan mudah.
CinetPay, sebuah perusahaan gateway pembayaran online yang berbasis di Pantai Gading, memfasilitasi transfer $15.000 dalam airtime setiap bulan dengan menyediakan airtime massal sebagai fitur tambahan segera setelah peluncuran layanan baru.
Baca Juga: Tips Menghindari Kejahatan Digital Banking
Gift Card
Mengaktifkan penjualan kartu hadiah digital adalah fitur inovatif yang juga dapat dipertimbangkan oleh penyedia layanan perbankan seluler untuk ditawarkan.
Kartu hadiah telah menjadi kendaraan untuk pembayaran, pengiriman uang, dan insentif, menjadikan kartu hadiah semacam alat transfer nilai dan loyalitas inovatif yang diminati sepanjang tahun.
Dengan meningkatnya kegunaan kartu hadiah, baik sebagai bisnis digital, hadiah atau insentif pemasaran, semakin banyak penyedia layanan mobile banking yang kini dapat dengan mudah menjual kartu hadiah digital sebagai fitur tambahan.
Pembayaran Tagihan dan Utilitas
Pembayaran tagihan adalah fitur yang semakin populer yang dapat ditawarkan oleh penyedia layanan mobile banking.
Dengan mengaktifkan pengumpulan tagihan untuk penyedia layanan utilitas, berbagai jenis bisnis digital dapat mengoptimalkan pengumpulan dan pemrosesan pembayaran untuk layanan utilitas.
Selain itu, pembayaran tagihan seringkali sangat berat bagi pelanggan, terutama di bagian dunia yang sedang berkembang.
Dengan menawarkan pembayaran satu klik dan otomatis untuk pelanggan, penyedia layanan mobile banking dapat melakukan pembayaran lebih mudah dan lebih cepat untuk. Seperti tagihan listrik, tagihan air, tagihan broadband internet, tagihan TV kabel, dan lainnya.
Dengan begitu, pelanggan dapat selalu memiliki layanan pay-as-you-go, menjadikannya fitur yang sangat berharga untuk inovasi mobile banking.
Sebagai contoh Mobilearth, penyedia layanan mobile banking yang berbasis di Burnaby, British Columbia, Canada, menawarkan pembayaran tagihan dan utilitas sebagai fitur perbankan tambahan.
Mata Uang Kripto
Cryptocurrency semakin diadopsi oleh negara dan individu, terutama kalangan milenial yang gemar mencoba hal-hal baru. Menambahkan pembayaran cryptocurrency dan layanan pertukaran adalah fitur mobile banking yang sangat berharga.
Penyedia layanan mobile banking dapat menawarkan beragam fitur, seperti
- Pembelian dan penjualan cryptocurrency
- Penggunaan mata uang kripto untuk membeli airtime, kartu hadiah, dan produk lainnya
- Penggunaan cryptocurrency untuk pengiriman uang internasional
- Transaksi kripto peer-to-peer
- Cryptocurrency sebagai insentif dan untuk program loyalitas
Salah satu perusahaan yang menawarkan layanan cryptocurrency-to-airtime adalah Crypto2mobile.com. Perusahaan yang berbasis di Warsawa, Polandia itu, menawarkan fitur yang mampu menambah likuiditas pertukaran cryptocurrency melalui airtime.
Baca Juga: Mobile Banking dan e-Wallet Masih Menjadi Pilihan Pembayaran Utama