Jumat, 1 Maret 2024

Targetkan 10 Juta Pengguna, Surge Gandeng Perusahaan Teknologi China Huaxin

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Demi meningkatkan kinerja bisnis, kolaborasi kini semakin jamak dilakukan perusahaan-perusahaan teknologi.

Terbaru dilakukan oleh PT Solusi Sinergi Digital Tbk. Perusahaan yang lebih dikenal sebagai Surge itu, secara resmi menandatangani Nota Kesepahaman dengan perusahaan asal China Huaxin Post and Telecom Technologies (Huaxin).

Acara penandatanganan berlangsung di Sofia at The Gunawarman. Diwakili kedua belah pihak, masing-masing Presiden Direktur Surge, Hermansjah Haryono dan Wakil Presiden Huaxin Tang Hui, Wakil Presiden Huaxin.

Kolaborasi strategis ini terkait dengan pemanfaatan keunggulan teknologi Huaxin dalam menyediakan layanan inovatif untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Kolaborasi dengan Huaxin akan membantu Surge meningkatkan posisi dan pangsa pasar, sekaligus mendukung Surge dalam mengembangkan area bisnis baru.

Penandatanganan MoU akan meningkatkan potensi jaringan, kinerja, dan kemampuan pengembangan bisnis Surge melalui pemanfaatan pengalaman dan keunggulan Huaxin dalam sejumlah bidang strategis.

Seperti pembangunan jaringan transmisi optik, akses fixed broadband, jaringan radio 4G/5G, 5G FWA, IP, IoT, Data Center, optimalisasi jaringan, manajemen proyek, dan juga kemampuan pembiayaan.

Huaxin menyadari potensi tak terbatas dari ekosistem digital Surge, yang mencakup jaringan serat optik sepanjang 2800 Km di sepanjang rel kereta api.

Baca Juga: Surge Sebut Berhasil Pertahankan Kinerja Di Kuartal 3 2022

Jaringan itu melintasi 591 kota besar maupun kota kecil di Pulau Jawa, potensi pendirian dan pemanfaatan ribuan tiang di sepanjang rel kereta api dan stasiun kereta api, pembangunan Edge Data Center (EDC) di setiap stasiun.

Didukung oleh ekosistem internet yang kuat, populasi dengan kepadatan tinggi, pusat komersial, potensi universitas di sepanjang rel kereta api untuk melakukan penetrasi Fixed Wireless Access (FWA) karena ekosistem kereta api adalah pusat peradaban yang dikembangkan di Pulau Jawa.

Dengan keahlian Huaxin, keunggulan teknologi, pengalaman, dan kemampuan pembiayaan, kedua belah pihak yakin bahwa kolaborasi ini akan mencapai potensi optimal di masa depan.

Surge dan Huaxin akan memprioritaskan proses adopsi keahlian dan kemampuan Huaxin dalam pengembangan 5G FWA, konstruksi teknik telekomunikasi, konstruksi teknik elektro-mekanis dalam transportasi, keamanan publik, Smart Agriculture,In-Building Solutions (IBS), Jaringan WiFi, pengembangan Smart City, dan pengembangan Smart Industry Park.

Pada tahap awal, kerjasama ini diharapkan dapat mempercepat implementasi 5G FWA, untuk mempenetrasi populasi yang padat di sepanjang jalur kereta, dengan target 10 juta pengguna di Indonesia.

CEO Surge, Hermansjah Haryono meyebutkan, bahwa kesepakatan dengan Huaxin akan mempercepat pengembangan bisnis Surge dengan memanfaatkan jaringan fiber optic di sepanjang rel kereta api.

 “Dengan kemampuan teknis, keahlian, pengalaman, dan kemampuan pembiayaan dari Huaxin, dapat mempercepat ekosistem Surge untuk mencapai potensi maksimalnya dengan cepat”, ujar Hermansjah.

“Sehingga misi Surge dalam menyediakan konektivitas berkualitas tinggi, andal, dan terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia”, tambah Hermansjah.

Di sisi lain, Vice President Huaxin Tang Hui, menyebutkan bahwa Huaxin memiliki pengalaman yang lama di bidang jaringan komunikasi operator, integrasi sistem industri transit kereta api dan digitalisasi perusahaan.

Baca Juga: Perluas Bisnis, Surge Dapat Restu Penambahan Modal

“Kemampuan end-to-end Huaxin, seperti desain, pengiriman, pengoperasian, dan pemeliharaan turnkey projects telah sangat diapresiasi oleh pelanggan di banyak pasar internasional”, ujar Tang.

Termasuk jaringan broadband kabel dan wireless, proyek integrasi sistem transit kereta api, proyek pemberdayaan industri, dan proyek transformasi digital perusahaan.

Tang juga optimis kolaborasi kedua belah pihak, dapat ditingkatkan dalam berbagai bidang, seperti smart transportation, smart manufacturing, smart education, digitalisasi perusahaan, dan lainnya.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU