Netflix Mulai Ujicoba Fitur Batasi Pengguna Berbagi Password

Netflix Mulai Ujicoba Fitur Batasi Pengguna Berbagi Password
Netflix Mulai Ujicoba Fitur Batasi Pengguna Berbagi Password

Selular.ID РNetflix tahun lalu mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan fitur untuk mencegah pengguna berbagi Password Akun atau kata sandi akun mereka dengan orang lain. Fitur tersebut sedang di ujicoba di beberapa negara.

Sekarang Netflix telah merinci bagaimana tepatnya hal itu akan mencegah pengguna membagikan akun mereka.

Netflix mengklarifikasi bahwa orang yang tinggal di rumah lain perlu menggunakan akun mereka sendiri. Perangkat yang terdeteksi di lokasi lain dengan akun yang sama kemungkinan diblokir untuk menonton Netflix.

Platform streaming film dan series ini nantinya akan menggunakan informasi data pengguna seperti alamat IP, ID perangkat, dan aktivitas pengguna untuk menentukan apakah perangkat yang masuk ke akun pengguna terhubung ke lokasi utama.

Baca Juga:Ini Cara Netflix Agar Pengguna Tidak Berbagi Sandi Lagi

Jika perangkat baru yang masuk ke akun berada di lokasi berbeda, Netflix akan memerlukan kode sementara yang memungkinkan masuk ke lokasi tersebut selama tujuh hari berturut-turut.

Perusahaan menjelaskan bahwa mereka yang bepergian dengan perangkat utama mereka tidak akan mengalami masalah saat menggunakan Netflix di lokasi lain.

Namun untuk memastikan akses tanpa gangguan ke Netflix, pengguna harus terhubung ke Wi-Fi dari lokasi utama setidaknya sekali setiap 31 hari.

Tindakan ini menciptakan perangkat tepercaya sehingga dapat menonton Netflix, bahkan saat jauh dari lokasi utama

Jika pengguna jauh dari lokasi utama untuk waktu yang lama, perangkat mungkin diblokir untuk menonton Netflix. Pengguna dapat meminta kode akses sementara untuk terus menonton.

Perlu diperhatikan bahwa ini tidak memengaruhi jumlah orang yang dapat menonton konten Netflix secara bersamaan dengan akun yang sama.

Sebagai langkah lain untuk memerangi berbagi kata sandi akun, sebenarnya tahun lalu Netflix memperkenalkan fitur lain bernama “Transfer Profil.

Seperti namanya, fitur ini membantu pengguna memigrasikan profil Netflix pribadi mereka dari akun orang lain ke akun baru.

Dengan kata lain, pengguna dapat membuat akun Netflix baru dan memigrasikan semua riwayat, saran, dan pengaturan mereka.

Hal ini harus segera dilakukan, karena perusahaan mengklaim bahwa pengguna yang berbagi password akun, merugikan pendapatannya.

Netflix mengonfirmasi tahun lalu bahwa mereka kehilangan lebih dari 200.000 pelanggan pada kuartal pertama tahun 2022, dan angka tersebut menunjukkan bahwa lebih banyak orang terus bermigrasi ke platform streaming lainnya.

Dari Januari 2021 hingga Agustus 2022, pangsa pasar global Netflix turun dari 32% menjadi 27% .

Hal ini bahkan membuat perusahaan memperkenalkan paket baru berbasis iklan yang lebih murah.

Dengan mencegah pengguna berbagi akun mereka dengan orang lain, Netflix berharap dapat memaksa lebih banyak orang untuk memiliki langganan Netflix mereka sendiri, yang akan menghasilkan lebih banyak pendapatan bagi perusahaan.

Baca Juga:Bersiap Netflix Akan Razia Pengguna Sharing Password 2023

Namun, hanya waktu yang akan menentukan apakah semua tindakan ini akan efektif untuk Netflix.