Jumat, 21 Juni 2024

Sama-sama harga 2 Jutaan, Tapi Ini Perbandingan Smartphone Masa Kini Dengan Hp Jadul 20 Tahun Lalu.

BACA JUGA

Selular.ID – Masih ingat kah anda dengan handphone (HP) harga Rp 2 Jutaan di tahun 2003 seperti apa? Bandingkan dengan smartphone masa kini.

Mengulas kembali di sekitar hampir 2 dekade lalu, yang belum masifnya teknologi di Indonesia.

Dimana, handphone yang di tahun tersebut dibutuhkan hanya untuk keperluan SMS atau telepon, kini semakin tahun perkembangan zaman hingga saat ini SMS atau Telepon mungkin tidak sepopuler dahulu.

Di masa kini, bisa dibilang eranya digitalisasi, dengan perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat.

SMS dan telepon itu malah diganti dengan aplikasi-aplikasi atau media lain yang menawarkan fitur perpesanan dan berkomunikasi lewat telepon semakin canggih lagi, bahkan sampai bisa telepon via video atau biasa dikenal video call.

Maka dari itu, kini redaksi Selular kembali mengulas dan melihat edisi-edisi majalah yang dahulu Selular miliki tepat di tahun 2003.

Ada handphone yang baru keluar dan bisa jadi, handphone itu adalah perangkat paling canggih di tahun tersebut.

Data ini dikutip dari majalah Selular edisi Desember 2023 yang seperti ini wujudnya.

Di tahun tersebut brand-brand handphone yang sedang eksis itu diantaranya seperti Motorola, LG, Sony Ericsson, Nokia, Philips, Samsung, Sanex, dan Siemens.

Terpantau hanya Motorola, Sony, Samsung, dan Nokia yang masih eksis hingga saat ini, meskipun Motorola tidak beredar di pasar Indonesia dan Sony yang telah cerai dengan Ericsson di tahun 2011.

Maka dari itu handphone di harga Rp 2 Jutaan pada tahun 2003 yang pertama ialah dari philips.

Ditahun 2003 Philips menjual handphone nya dengan harga Rp 2.300.000.

Ditahun tersebut sangatlah penting tahan berapa jam waktu pada saat jika di pakai dalam bertelepon.

Sementara itu dari segi jaringan pun, masih menggunakan jaringan GSM yang dirasa sudah sangat canggih pada waktu itu.

Lain itu, ada juga dari brand Sanex, apakah ada yang masih ingat dengan brand yang satu ini ?

Sanex di tahun 2003 mengeluarkan handphone dengan harga Rp 2.200.000, nampak dari gambar handphone ini sepertinya mempunyai desain dapat di buka tutup.

Tidak beda jauh dengan handphone Philips sebelumnya, tapi spesifikasi menandakan bahwa handphone Philips lebih kuat dan tahan dalam hal pemakaian.

Uniknya, di zaman dahulu fitur-fitur seperti wallpaper animasi, WAP, stopwatch, kalkulator, calendar, dan alarm, menjadi fitur yang sangat penting dan menjadi spesifikasi minimum yang harus ada.

Beda dengan smartphone di masa kini, fitur yang menjadi nilai dasar di harga 2 Jutaan adalah seperti finger print, NFC tapi tidak semua ada.

Serta dari teknologi nya seperti memperhatikan dari segi RAM, kualitas kamera, chipset, baterai kapasitas besar, serta kualitas layar yang enak di pandang mata.

Menandakan hampir 20 tahun berlalu, segi teknologi pun semakin terus berkembang, dan tidak bisa di prediksi.

Serta untuk itu juga kita sebagai umat manusia mau tidak mau harus mengikuti dan memanfaatkan dengan baik teknologi yang pasti akan terus berkembang.

Untuk saat ini fitur-fitur seperti NFC, finger print, merekam layar, mode gaming, dll itu sangat penting, tapi sudah pasti di 20 tahun mendatang fitur tersebut akan menjadi terlihat kuno lagi.

Baca juga : Google Bakal Rilis Grogu Serupa AirTag Apple, Bisa Temukan Handphone yang Hilang

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU