Realme 10 Pro+ vs Xiaomi 12T, Harga Hampir Sama Tapi Unggul Mana?

Selular.ID – Duel smartphone terbaru yang hadir di pasar Indonesia, Realme 10 Pro+ 5G dengan Xiaomi 12T, sama-sama harga Rp 6 jutaan, lebih unggul mana?

Realme memastikan mengeluarkan smartphone terbarunya realme 10 pro+ 5G dan menjadi smartphone yang pertama rilis di tahun 2023.

Dirasa realme 10 Pro+ 5G ini bisa menjadi ancaman dan persaingan di smartphone kelas mid-range semakin ketat.

Mengingat sebulan sebelumnya, dari brand kompetitornya realme, Xiaomi juga memperkenalkan smartphone di kelas yang sama yakni Xiaomi 12T 5G.

Jika melihat dari segi harga kedua smartphone ini tidak jauh beda di kisaran Rp 5 sampai 6 jutaan. Tapi bagaimana dari segi spesifikasinya? Apakah tidak beda jauh juga?

Chipset

Seperti biasa diawali dari segi chipset atau dapur pacu yang kedua smartphone gunakan ini dari merk yang sama, yaitu MediaTek.

Namun merkipun merk sama, model chipsetnya berbeda menjadikan kualitasnya pun ikut berbeda.

Seperti yang diketahui, untuk realme 10 Pro+ 5G ini menggunakan chipset bekalan dari MediaTek Dimensity 920. Sedangkan Xiaomi diunggulkan dari segi ini, yang mana telah menggunakan chipset dari MediaTek Dimensity 8100-Ultra.

Jika melirik performanya yang dilansir dari website AnTuTu Benchmark, chipset MediaTek Dimensity 8100-Ultra belum terlihat skornya.

Tapi apabila melihat saudaranya 8100 dan 8100-Max mempunyai skor di kisaran 900 ribu hingga 1 juta. Bisa jadi kemungkinan skor yang dimiliki Dimensity 8100-Ultra tidak jauh beda.

Sedangkan untuk chipset yang ada pada smartphone realme 10 Pro+ 5G hanya mempunyai skor 459.104. hampir 2 kali lipat performa yang tertinggal.

Kualitas Layar

Dari segi ini realme mungkin bisa berbicara lebih banyak, pasalnya memang realme untuk smartphone terbaru nya ini sangat berfokus dari segi layar.

Karena realme 10 Pro+ 5G mempunyai kualitas layar AMOLED berukuran 6,7 inch dan ditambah mempunyai refresh rate yang sudah 120Hz.

Bukan hanya itu, uniknya di smartphone mid range seperti ini, sudah mempunyai desain layar yang melengkung layaknya smartphone kelas flagship.

Tidak salah, realme menggelontorkan uang yang banyak hanya untuk berinvestasi agar tampilan dan kualitas layar di realme 10 pro+ 5G tetap teruji paling unggul.

Beda dengan realme yang punya ukuran layar 6,67 lebih kecil sedikit, namun kualitas dan refresh rate bisa menyeimbangi yaitu kualitas AMOLED dan 120Hz di refresh ratenya.

Tapi perlu di ingatkan lagi, hanya realme 10 pro+ 5G smartphone mid-range yang mempunyai desain layar melengkung, di Xiaomi 12T tidak.

Kamera

Tentu di harga Rp 6 jutaan, untuk kualitas kamera sudah tidak usah diragukan lagi, dan benar  saja keduanya sudah menyematkan kualitas kamera yang besar.

Di realme sudah menggunakan kualitas kamera sebesar 108MP, ditambah kamera wide 112 derajat 8MP, dan kamera 2MP macro.

Sedangkan di Xiaomi 12T 5G, juga talah membekali kamera utama 108MP dan kamera wide 120 derajat 8MP, sera kamera macro 2MP.

Tapi tidak semuanya sama dari segi kamera, untuk kamera selfie-nya itu berbeda, yaitu Xiaomi punya kualitas kamera depan yang lebih besar yaitu 20MP disbanding realme yang hanya 16MP.

Baterai

Terakhir, aspek terpenting untuk smartphone zaman ini, yaitu baterai yang besar untuk penunjang aktivitas sehari-hari.

Kedua smartphone disini sama-sama kuat, sudah dibekali kapasitas baterai 5.000mAh yang dirasa cukup untuk pemakaian seharian tanpa perlu cas terus menerus.

Namun ada satu perbedaan yang sangat mencolok, yaitu dari pembekalan teknologi fast charging dari masing-masing smartphone.

Di realme 10 Pro+ 5G hanya dibekali teknologi Supervooc fast charging sebesar 67Watt, dan di Xiaomi 12T 5G itu sudah dibekali teknologi fast charging sebesar 120Watt.

Tapi perlu di ingat, sifat asli fast charging ini memang untuk memangkas waktu pada saat pengisian daya, meskipun di realme hanya 67Watt tapi bisa mengisi baterai full hanya sekitar 30 menit.

30 menit saja sudah bisa dibilang lebih dari cukup, tapi untuk 120Watt di Xiaomi 12T 5G menandakan akan lebih cepat terisi lagi pada saat pengisian dayanya.

Jadi dari kedua smartphone ini, bisa dikatakan mempunyai keunggulan di masing-masing. Realme 10 Pro+ 5G unggul dari segi layar sedangkan di Xiaomi 12T 5G unggul dari segi chipset dan teknologi fast charging. Jadi anda lebih tertarik pilih mana?

Baca juga : Pilih Mana, iQOO 11 atau ASUS Zenfone 9?