Selular Editor’s Choice 2022: Best Affordable Smartphone

Selular Best Affordable Smartphone

Selular.ID – Smartphone low budget masih menjadi pilihan untuk sebagian orang, terutama user pemula.

Apapun alasan Anda memilih ponsel low-end, konsumen di segmen ini masih cukup banyak. Maka dari itu vendor ponsel pun masih menggarap segmen ini dengan serius.

Di penghujung 2022, sejumlah ponsel affordable atau murah cukup mudah dijumpai di pasaran. Namun, harga murah bukan berarti fitur yang disediakan juga rendah.

Di edisi Selular Editor’s Choice 2022 kali ini, kami memiliki kategori Best Affordable Smartphone atau ponsel murah terbaik.

Berikut empat ponsel harga murah dengan fitur gak murahan yang berhasil dihimpun tim Selular, yang bisa menemani liburan akhir tahun dan menyambut tahun baru 2023 mendatang.

Redmi A1

Nominasi pertama ada jagoan ponsel murah, Redmi.

Diperkenalkan pada Oktober 2022, Redmi A1 menjadi ponsel paling murah gubahan Xiaomi untuk pasar Indonesia.

Redmi A1 hadir dalam dua pilihan warna Black dan Light Blue, dan dijual seharga Rp1.199.000 untuk varian (2GB/32GB) dan Rp1.299.000 untuk (3GB/32GB).

Ponsel ini mengadopsi sistem operasi enteng dari Google, yakni Android Go.

Karena low-end, tentu ponsel ini tidak mendukung jaringan 5G, Redmi A1 adalah ponsel 4G. Kendati murah, spesifikasi perangkat tergolong layak.

Mulai dari prosesor octa-core yang mempuyai kecepatan hingga 2.0 GHz, lalu ditambah dengan teknologi memori LPDDR4X + eMMC 5.1.

Ditawarkan dalam dua konfigurasi, RAM 2GB dan RAM 3GB, ponsel dibekali fitur ekspansi RAM sampai 2GB.

Di segi penyimpanan internal, A1 dibekali ruang berkapasitas 32GB dengan slot microSD dedicated dengan kapasitas hingga 1TB.

Perangkat dibekali kamera belakang 8MP dan untuk kamera selfie 5MP.

Soal ketahanan baterai, kapasitas daya yang diberikan cukup luas yakni 5.000mAh dan juga telah didukung teknologi fast charging.

Nokia C31

Selain Xiaomi, nominasi berikutnya ada ponsel sejuta umat dari brand nomor wahid tempo dulu, yakni Nokia.

November 2022 lalu HMD Global meluncurkan dua produk baru untuk konsumen Indonesia, yang keduanya sama-sama budget friendly. Salah satunya adalah Nokia C31.

Menampilkan layar super lega LCD 6,75 inci resolusi HD+, panel C31 dilapisi kaca yang dikeraskan dan sudah mengantongi peringkat IP52 yang dapat melindungi komponen bagian dalam dari debu maupun cipratan air.

Dengan harga jual Rp1.699.000, Nokia C31 ditopang prosesor octa-core Unisoc 9863A1 yang dipadukan ruang penyimpanan RAM 4GB + 64GB ROM.

Senjata fotografi ponsel sudah mengusung kamera utama belakang 13MP dan kamera depan 5MP.

Urusan sumber daya, HMD Global menyuntikkan unit baterai 5.050mAh ke dalam C31.

Berbeda dengan Redmi A1, ponsel menjalankan Android 12 (bukan edisi Go) dengan update keamanan dipastikan tersedia sampai 2 tahun.

Halaman berikutnya

ZTE Blade A52 dan Samsung Galaxy A04e