Resesi Global 2023? Ini Strategi Telkomsel Tahun Depan

Samuel Pasaribu, Vice President Area Account Management Telkomsel pada acara Selular Digital Telco Outlook 2023 di Jakarta, Selasa (6/12/2022)
Samuel Pasaribu, Vice President Area Account Management Telkomsel pada acara Selular Digital Telco Outlook 2023 di Jakarta, Selasa (6/12/2022)

Selular.ID – Inilah strategi khusus yang dibeberkan oleh Telkomsel untuk selalu terdepan dalam masalah melayani jaringan di Indonesia dan menghadapi resesi global ditahun 2023 mendatang.

Tahun 2023 bisa dikatakan momok menakutkan seluruh lapisan masyarakat, yang mana karena dikabarkan akan terjadinya bencana resesi global.

Namun Telkomsel sebagai penyedia jaringan atau operator telekomunikasi seluler yang terbesar di Indonesia membeberkan beberapa strategi yang akan dilakukan Telkomsel di tahun 2023 meskipun ancaman resesi itu sangat santer beredar.

Hal ini disampaikan oleh Samuel Pasaribu selaku Vice President Area Account Management Telkomsel, yang hadir didalam acara Selular Digital Telco Outlook 2023.

Menurutnya Telkomsel tidak bisa sendirian dan itu lah yang menjadi strategi utama yaitu kolaborasi dengan industri yang sama dan juga dari lintas industri.

“Maka dari itu juga yang dari lintas industri atau diluar industri telco itu yang merasa paling enabler karena mereka membutuhkan telco untuk rasanya bisa go to market.” Kata Samuel.

Baca juga : Telkomsel Mitra Inovasi Perkuat Kolaborasi Startup dan Ekosistem BUMN

Selanjutnya Telkomsel akan terus mengembangkan portofolio produknya terutama ke bisnis digital, dan saat ini Telkomsel juga mempunyai Indonesia Digital Ecosystem (INDICO) yakni anak perusahaan yang didalamnya lagi ada Kunci, Vita, dan Majamojo.

“Telkomsel punya INDICO yang mana didalamnya ada Kunci yang berfokus untuk e-Learning, lalu ada Vita untuk masalah kesehatan, dan Majamojo yang berfokus pada games.” Kata Samuel.

Bukan hanya sampai disitu, Samuel juga menjelaskan bahwa tahun depan semua itu akan dikembangkan, dan Telkomsel akan melihat digital bisnis seperti apalagi yang bisa dikembangkan menjadi strategi utama untuk Telkomsel.

“Dan Tahun depan pun Telkomsel akan berfokus pada digital bisnis melalui INDICO tersebut” jelas Samuel.

Para Panelis pada acara Selular Digital Telco Outlook 2023 di Jakarta
Para Panelis pada acara Selular Digital Telco Outlook 2023 di Jakarta, Selasa (6/12/2022)

Strategi selanjutnya yaitu Telkomsel tidak lepas dan akan tetap berfokus juga pada konektivitasnya di Indonesia.

“Jaringan 5G meskipun dibeberapa negara masih rendah termasuk di Indonesia masih beberapa puluh kota saja, tetapi pertumbuhannya akan terus signifikan ditahun depan, Maka dari itu Telkomsel akan berfokus di masalah itu, dan kembali lagi karena alasannya konektivitas itu merupakan enablers bagi seluruh bisnis.”

Jadi Telkomsel sebelumnya yang hanya berfokus pada konektivitas tetapi tahun depan perusahaan akan berfokus juga pada konektivitas tetap dan akan berfokus pada industri go to marketnya.

Baca juga : Terungkap Strategi Inovasi Telkomsel dan XL Axiata Hadapi Ancaman Resesi Global 2023