Pernah Dimiliki XL Axiata, E-Commerce Elevenia Tutup Usia

XL Axiata Elevenia
Elevenia

Selular.ID – Setelah hadir di Indonesia sepuluh tahun, marketplace Elevenia mengumumkan penghentian layanan per 1 Desember 2022.

Melongok sejarahnya, Elevenia pernah dimiliki oleh operator telekomunikasi nasional XL Axiata.

Operator selular yang identik dengan warna biru itu bergandengan tangan dengan SK Planet dan membentuk usaha patungan (joint venture) pada 2013.

SK Planet merupakan anak perusahaan telekomunikasi asal Korea Selatan, SK Telecom. Masing-masing mengenggam kepemilikan sebesar 50%.

Layanan ini meluncur dengan nama Elevenia satu tahun setelahnya.

Di tahun pertamanya, Elevenia berhasil mengantongi 1 juta pengguna dan mencetak pendapatan sebesar Rp250 miliar.

Di 2016, Elevenia tercatat menawarkan lebih dari 4 juta produk dari 40.000 seller.

Ketatnya kompetisi dan sulitnya monetisasi memaksa XL dan SK Planet untuk hengkang dari bisnis ini, dan melepas kepemilikan ke Salim Group pada 2015.

Baca Juga: Mundur Dari Elevenia, Berapa Dana yang Sudah Digelontorkan XL?

Telkom bukan penyedia jasa telekomunikasi pertama yang menutup lini bisnis e-commerce, Indosat Ooredoo lebih dulu menutup Cipika pada Juni 2017, diikuti XL Axiata yang melepas Elevenia ke Grup Salim.

XL Axiata bukan satu-satunya operator telekomunikasi yang menutup lini bisnis e-commerce.

Indosat Ooredoo (sekarang IOH) juga menutup Cipika pada Juni 2017, diikuti Telkom yang menutup Blanja hasil joint venture dengan eBay pada 2020.

Penutupan sejumlah e-commerce yang pernah dipegang operator telekomunikasi menjadi anomali di tengah maraknya belanja online saat ini.

E-commerce yang saat ini mewadahi banyak UMKM, digadang-gadang sebagai motor penggerak utama ekonomi digital di Indonesia.

Lebih dari satu dekade berselang sejak menjamurnya marketplace di Indonesia, akhirnya menyisakan beberapa pemain saja.

Saat ini, e-commerce Indonesia dikuasai oleh Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Laporan Statista mencatat trafik bulanan di kuartal II 2022 dipimpin oleh Tokopedia dengan 158,35 juta kunjungan, Shopee dengan 131,3 juta kunjungan, dan Lazada sekitar 26,64 juta.